Bantah Isu, Mendagri Justru Dukung Pemutaran Film G30S/PKI di Televisi

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. (Foto: Istimewa)

 

Jakarta, MINA – Menteri Dalam Negeri () Tjahjo Kumolo membantah informasi prihal dirinya seolah melarang pemutaran kembali film Gerakan 30  September (G30S) / PKI (Partai Komunis Indonesia) di televisi. Bahkan menurutnya, masyarakat dan generasi muda saat ini perlu tahu sejarah G30S/ PKI.

“Kabar siapa, Itu fitnah. Saya tidak pernah buat pernyataan tersebut,” kata Mendagri Tjahjo lewat pesan singkatnya, Jumat (15/9).

Dalam laman Mendagri yang dikutip MINA, Tjahjo menyatakan pihaknya akan segera mencari tahu lebih lanjut soal siapa yang menyebarkan berita fitnah tersebut. Padahal ia tak masalah kalau kembali diputar di televisi.

Pada era Orde Baru, film tentang gerakan penculikan dan pembunuhan terhadap tujuh jenderal angkatan darat oleh PKI di tahun 1965 itu selalu tayang di layar televisi setiap 30 September. “Kalau saya, silakan saja film tersebut diputar di televisi,” ujar Tjahjo.

Menurutnya, pemutaran ini perlu agar masyarakat dan generasi muda tahu akan adanya gerakan tersebut. Peristiwa itu dinilai sebagai bagian dari sejarah, terlepas pro kontra yang ada.

“Namanya sejarah, agar masyarakat dan generasi muda mengetahui bahwa pernah ada gerakan tersebut,”

Film ‘Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI’ adalah judul film dokudrama propaganda Indonesia tahun 1984 yang menceritakan tentang proses menjelang kudeta militer pada 1965.

Film ini disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer, diproduksi selama dua tahun dengan anggaran sebesar Rp 800 juta kala itu, dan disponsori oleh pemerintahan orde baru era Presiden Soeharto. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.