Banten Raih Juara Umum MTQ Nasional Ke 26 Tahun 2016

Mataram, 3 Dzulqo’dah 1437/6 Agustus 2016 (MINA) – Kafilah Provinsi berhasil meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXVI di Mataram yang berlangsung sejak 30 Juni 2016.

Adapun urutan kedua dimenangkan oleh Provinsi DKI Jakarta, kemudian Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah, Riau, Sumatera Barat, Aceh, Papu Barat, Jawa Barat.

“Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal di tetapkan dengan ketentuan keputusan dewan hakim tidak dapat diganggu gugat,” kata  panitia pada malam penutupan Ke-26 di Islamic Center NTB, Kota Mataram, Sabtu (6/8) malam.

Sebelumnya, acara penutupan langsung dilakukan dengan penyerahan pataka LPTQ Nasional.

Paskibraka langsung mengambil pataka LPTQ untuk diserahkan kepada Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi.

Dari tangan Zainul, pataka langsung diserahkan kepada Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama yang juga Ketua LPTQ Pusat Machasin untuk seterusnya diberikan kepada Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi yang ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ Nasional XXVII pada 2018 mendatang.

MTQ Nasional Ke-26 yang digelar 28 Juli-7 Agustus ini ditutup secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Penutupan MTQN ke-26 dimeriahkan Parade Kolosal Shalawat Perpisahan oleh 300 orang, performance artis-artis ibu kota di antaranya Grup Musik Bimbo, penyanyi Vivi Aldiano, sejumlah artis lokal, dan ditutup dengan pesta kembang api.

Acara penutupan juga dihadiri Gubernur Banten Rano Karno, para Dubes negara sahabat, kafilah dan ribuan masyarakat Mataram, dan sekitarnya. (L/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)