AS BANTU $ 100 JUTA UNTUK OPOSISI MODERAT SURIAH

Kelompok oposisi moderat Suriah, Free Syrian Army (FSA). (Foto: dok. Live Leak)
Kelompok oposisi moderat Suriah, Free Syrian Army (FSA). (Foto: dok. Live Leak)

Washington, 19 Muharram 1437/1 November 2015 (MINA) – Departemen Luar Negeri (AS) mengumumkan pada Sabtu (31/10), AS menyediakan AS $ 100 juta bantuan untuk oposisi moderat Suriah.

Dinyatakan, bantuan itu dialokasikan untuk mendukung dewan lokal oposisi terkait dan organisasi masyarakat sipil di Suriah.

Menurut Departemen Luar Negeri, Washington sebelumnya selama empat tahun terakhir, telah memberikan bantuan hampir AS $ 400 juta untuk oposisi moderat Suriah, ARA News melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Bantuan AS ini akan membantu agar sekolah tetap terbuka untuk anak-anak Suriah, memulihkan akses listrik dan infrastruktur air, mendukung media independen dan masyarakat sipil untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah daerah mereka, dan membangun kapasitas oposisi moderat untuk memainkan peran dalam masa depan Suriah yang menghormati hak asasi manusia dan aturan hukum,” kata Departemen dalam sebuah pernyataan.

Bantuan baru itu juga diumumkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Forum Keamanan Regional di Bahrain.

Ini diumumkan satu hari setelah AS mengungkapkan rencana mengirim pasukan darat khusus ke Suriah untuk berpartisipasi dalam pertempuran melawan Islamic State (ISIS/Daesh).

Menurut pejabat senior AS, Presiden Barack Obama telah resmi mengirimkan sekitar 50 orang Pasukan Khusus AS ke Suriah utara untuk bekerja sama dengan kelompok-kelompok bersenjata lokal Kurdi dan Arab melawan ISIS. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0