BANTUAN PBB CAPAI DAERAH OPOSISI SURIAH DI HOMS

Bantuan PBB capai distrik Waer di Homs, Kamis, 3 Desember 2015. (Foto: Dok. ARA News)
capai distrik Waer di , Kamis, 3 Desember 2015. (Foto: Dok. ARA News)

London, 25 Safar 1437/7 Desember 2015 (MINA) – Bantuan kemanusiaan PBB telah mencapai area yang dikuasai di kota Homs yang terkepung.

Lembaga pemantau Observatorium Suriah untuk HAM mengatakan, masuknya bantuan itu adalah bagian dari kesepakatan gencatan senjata lokal yang meliputi penarikan pejuang oposisi dari Homs.

Lembaga yang berbasis di London itu mengatakan, dalam pengiriman yang dipimpin oleh PBB, makanan dan obat-obatan memasuki distrik Waer pada Kamis lalu.

Ini adalah tanda bahwa kesepakatan gencatan senjata lokal mulai dilaksanakan. ARA News memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin (7/12).

Pejabat pemerintah Suriah mengatakan, mereka telah sepakat bahwa pejuang oposisi dapat menarik diri dari wilayah yang dikuasainya di Homs bersama senjatanya sebagai bagian dari perjanjian.

Sumber mengatakan kepada Reuters, para pejabat rezim Suriah dan PBB telah bertemu di Homs, medan pertempuran besar di Suriah, untuk mencoba menyelesaikan kesepakatan berikut gencatan senjata di Waer.

Sebelumnya, kesepakatan gencatan senjata yang didukung oleh Iran dan Turki dengan bantuan PBB, berhasil dicapai pada September antara pasukan pro-pemerintah dan oposisi di sekitar kota dekat perbatasan Lebanon dan dua desa di barat laut Suriah. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0