Bantuan PBB Tiba di Hasakah Suriah untuk Pertama Kali

Jenewa, 7 Syawwal 1437/12 Juli 2016 (MINA) – Pesawat carteran Program Pangan Dunia PBB () yang membawa bantuan kemanusiaan berhasil mencapai provinsi Hasakah di timur laut Suriah untuk pertama kalinya.

Sebelumnya, daerah itu terputus dari makanan dan bantuan kemanusiaan selama lebih dari enam bulan.

Akses jalan ke daerah timur laut itu telah diblokir oleh kelompok Islamic State (ISIS/Daesh) selama lebih dari dua tahun, sementara penyeberangan perbatasan dari negara-negara tetangga telah ditutup sejak awal 2016.

“Suplai udara ini adalah langkah maju yang besar dalam respon kemanusiaan di Suriah tahun ini dan membawa secercah harapan bagi warga provinsi Al Hassakeh (Hasakah) yang telah bertahan tanpa tali penyelamat terlalu lama,” kata Jakob Kern, Direktur WFP untuk Suriah di Jenewa, demikian ARA News memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

PBB mengatakan bahwa pasokan lewat udara bukan pilihan metode pertama untuk memberikan bantuan karena mahal, tetapi tidak adanya akses darat, operasi udara telah direncanakan dalam beberapa pekan terakhir.

Pesawat sewaan WFP mengangkut 40 ton makanan termasuk beras, gandum, garam, minyak sayur dan gula. Badan ini juga mengirimkan Plumpy’doz, produk nutrisi khusus yang digunakan untuk mengobati dan mencegah kekurangan gizi pada anak-anak.

Diperkirakan 275.000 orang yang tinggal di berbagai wilayah di provinsi Hasakah membutuhkan bantuan kemanusiaan, tetapi mereka telah terputus dari makanan dan bantuan kemanusiaan selama lebih dari enam bulan.

Prioritas diberikan kepada lebih dari 75.000 orang, terutama keluarga pengungsi di tempat penampungan dan bangunan yang belum selesai, kepala keluarga perempuan serta beberapa keluarga pengungsi Irak yang rentan di kamp Hawl.

Selama satu bulan, pesawat akan terbang setidaknya 25 rotasi antara Damaskus-Hasakah untuk memberikan lebih dari 1.000 metrik ton kargo kemanusiaan termasuk makanan, pasokan gizi, obat-obatan, serta barang-barang dari organisasi kemanusiaan lainnya.

Menurut laporan PBB, distribusi makanan di Hasakah akan dilakukan oleh mitra WFP di lapangan yang berkoordinasi dengan komite bantuan lokal di 35 titik distribusi. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)