BAZNAS Anugerahkan Penghargaan untuk Tujuh Presiden RI

(Foto: BAZNAS)

Jakarta, MINA – Pengelola (OPZ), Badan Amil Zakat Nasional () RI menganugerahkan penghargaan “Award Life Time Achievement Zakat Indonesia” kepada tujuh presiden Indonesia dalam acara BAZNAS Award 2022, di Jakarta, Senin (17/1).

Tujuh penghargaan tersebut diberikan kepada Dr. (H.C.) Ir. H. Soekarno sebagai Presiden Inisiator Zakat Indonesia, Jenderal Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto sebagai Presiden Pelopor Zakat Indonesia, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng sebagai Presiden Peletak Zakat Indonesia, Dr. K. H. Abdurrahman Wahid sebagai Bapak Amil Zakat Indonesia.

Kemudian Prof. Dr. (H.C) Hj. Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri sebagai Presiden Pendorong Zakat Indonesia, Jenderal TNI Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, M.A sebagai Presiden Penggerak Zakat Indonesia, Ir. H. Joko Widodo sebagai Presiden Inklusif Indonesia, serta Prof. Dr. (H.C) KH. Ma’ruf Amin sebagai Bapak Penguat BAZNAS dalam ekosistem Ekonomi Syariah.

Acara turut dihadiri Joko Widodo, Wapres RI KH. Ma’ruf Amin secara virtual, Perwakilan Keluarga Presiden RI Periode 1998-1999 Ilham Ali Habibie, Perwakilan Keluarga Presiden RI Periode 1999-2021 Alisa Wahid dan Yeni Wahid, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof. Dr. KH Muhadjir Efendy MA, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan lain-lain.

Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA menyampaikan, sejak merdeka Indonesia telah dipimpin oleh para Presiden yang konsisten menunaikan zakat dan melaksanakan adanya kewajiban zakat dalam pemerintahannya.

“BAZNAS akan terus berpegang pada arahan dari Bapak Presiden agar kami terus memperkuat diri agar kami memperoleh kepercayaan masyarakat dengan transparansi, akuntabel dan modern dengan inovasi dan digitalisasi agar dalam pengelolaan zakat tepat sasaran,” ujar Prof Noor.

Prof Noor mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden RI yang telah meluncurkan Gerakan Cinta Zakat. Sehingga diikuti dan dilanjutkan oleh Gubernur/Bupati Walikota sehingga dapat mewujudkan BAZNAS sebagai upaya menjadikan BAZNAS sebagai lembaga utama bagi pembayar zakat dan lembaga utama yang menyejahterakan rakyat.

“BAZNAS memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan mendukung upaya BAZNAS dalam mensejahterakan ummat melalui BAZNAS Award. BAZNAS Award kali ini melibatkan lebih dari 300 tokoh dan lembaga, dengan 184 pemenang. Ini menjadi kebanggaan bagi kami semua. Penerima penghargaan di tahun ini meningkat tajam dari tahun sebelumnya,” urainya.

“Kami telah menetapkan Visi, Misi, Renstra lima tahunan, program kerja tahunan, dan arsitektur zakat nasional sampai 2045 agar kami tetap sesuai dengan arah kebijakan maka kami telah memiliki prinsip aman, yaitu pengeolaan zakat yang aman syari, aman regulasi, dan aman NKRI,” tegas Prof Noor.

Lebih lanjut, Prof Noor mengatakan, “InsyaAllah BANZAS akan terus berupaya meningkatkan kepercayaan para Muzaki, meningkatkan kepercayaan para mustahik, serta melaksanakan program-program kami secara konsisten dan konsekuen. Kami juga memohon dukungan dari semua pihak.”

Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof. Dr. KH Muhadjir Efendy MA, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya BAZNAS Award 2022, serta mengucapkan selamat HUT BAZNAS ke-21.

“Mudah-mudahan Allah meridhai perjalanan BAZNAS ke depan yang ikut berupaya memajukan bangsa, memakmurkan bangsa. Saya terus mendukung inisiatif BAZNAS yang sangat kreatif dan inovatif dalam mengembangkan berbagai program kegiatan guna mengoptimakan penyaluran zakat di Indonesia,” ujarnya.

Muhadjir juga mengajak kepada seluruh pihak agar terus berupaya keras memberikan penyadaran yang cukup masif kepada masyarakat agar potensi ZIS dapat dimaksimalkan sehingga betul-betul memberikan dampak yang besar bagi kemajuan bangsa.

Acara ini juga diadiri Gubernur/Bupati/Walikota dari berbagai wilayah di Indonesia, para tokoh, lembaga negara, organisasi masyarakat Islam, Pimpinan BAZNAS se-Indonesia dan seluruh penerima BAZNAS Award 2022.

Kegiatan BAZNAS Award merupakan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh BAZNAS sejak tahun 2017 yang lalu dan patut untuk diteruskan karena menjadi pemicu untuk terus mewujudkan tujuan pengelolaan zakat di Indonesia.

Perhelatan HUT BAZNAS ke-21 dan penyelenggaraan BAZNAS Award didukung oleh BSI, BMI, BJB Syariah, CIMB Niaga Syariah, PT Paragon, Indomaret, Go Pay, BNI, Asuransi Jasa Raharja, PT Pegadaian (Persero), Bank DKI, BP Jamsostek.

Seluruh proses penyelenggaraan BAZNAS Award 2022 mematuhi protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran virus Covid-1.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)