BAZNAS dan UPZ Masjid Istiqlal Luncurkan LAB dan MCB

Jakarta, MINA – bersama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Istiqlal meluncurkan program Layanan Aktif BAZNAS (LAB) dan BAZNAS (MCB) di lingkungan sekitar masjid.

Faisal Qosim, Kepala Divisi Unit Pengumpul Zakat Nasional BAZNAS mengatakan, hadirnya dua program itu di Masjid negara terbesar di Asia Tenggara, BAZNAS ingin pelayanan kepada para mustahik dapat semakin mudah dijangkau dan penyebarannya meluas, sehingga lebih banyak mustahik yang terbantu.

“Hari ini kita meluncurkan program LAB, yang memiliki fokus kecepatan layanan kepada mustahik yang terkendala pada pemenuhan kebutuhan dasar seperti makan, biaya kesehatan dan pendidikan,” kata Faisal saat peluncuran kedua program itu di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (8/2).

Selain bantuan kebutuhan dasar, BAZNAS juga menyediakan layanan bagi para mualaf di Masjid Istiqlal melalui Program Mualaf Center BAZNAS.

“Selama ini kita mengenal UPZ Masjid Istiqlal sebagai pilihan untuk menunaikan zakat, infak dan sedekah. Namun dengan dua program yang diluncurkan hari ini, sangat diharapkan mampu menjadi pusat layanan kepada para mustahik,” ujar Faisal.

Sementara itu, Ketua Badan Pelaksana dan Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) KH Asep Saepudin berharap dengan adanya LAB dan MCB, Masjid Istiqlal bukan hanya menjadi pusat ibadah masyarakat, namun juga mampu menjadi solusi permasalahan mereka.

“Zakat memang bisa menjadi solusi kebutuhan umat, kehadirannya sangat penting dalam mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi di tengah masyarakat,” katanya.

Asep menambahkan, mudah-mudahan apa yg dilakukan ini mendapat ridho dan menjadi amal sholeh serta menjadi berkah kepada penerima zakat. (L/Ais/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.