Baznas Gandeng GotongRoyong.in Kembangkan Inovasi Kemudahan Berdonasi

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional () pada Jumat (4/1), menggandeng platform berinovasi dalam melayani masyarakat berdonasi tanpa menggunakan uang sepeserpun. Kerja sama ini dilakukan di Kantor Baznas di Jakarta.

GotongRoyong.in adalah sebuah platform yang didirikan oleh beberapa mahasiswa dari Universitas (UI) di bawah naungan Lab Realiable Software Engineering (RSE) Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI.

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta mengatakan, pihaknya akan terus melakukan inovasi, menggunakan setiap konsep dan perkembangan teknologi yang ada untuk memberikan kemudahan layanan berdonasi bagi masyarakat Indonesia yang gemar membantu sesama.

“Baznas ingin selalu mengembangkan inovasi, memberikan layanan kemudahan berdonasi, masyarakat bisa melakukan donasi bantuan dengan mudah tidak perlu menggunakan uang, hanya dengan menonton video yang ada di platform tersebut sama saja dengan kita berdonasi,” katanya.

Ia menambahkan, belakangan ini, bencana alam beberapa kali terjadi di Indonesia, mulai gempa di Lombok, gempa tsunami di Palu, tsunami Selat Sunda, hingga longsor di Sukabumi. Donasi yang terkumpul dari masyarakat di platform tersebut disalurkan melalui Baznas untuk membantu korban bencana.

“Baznas selalu pro aktif ketika terjadi kebencanaan. Baznas ikut melakukan ekvakuasi pencarian korban, membuka layanan kesehatan, pendistribusian logistik, pembangunan huntara, dan lain-lain,” katanya.

Menurut Arifin, program recovery Baznas di daerah bencana dilakukan dengan mengedepankan aspek ekonomi, karena setiap terjadi bencana, pasti muncul angka kemiskinan baru. Untuk itu, kata dia, Baznas hadir melayani masyarakat yang menjadi korban.

Sementara itu, CEO GotongRoyong.in, Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi mengatakan, kerja sama ini terjalin karena pihaknya memiliki visi dan misi yang sama dengan Baznas untuk memudahkan masyarakat berbagai.

“Semoga kerja sama dengan Baznas ini bisa semakin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membantu sesama, terlebih berdonasi melalui GotongRoyong.in sangatlah mudah, hanya menonton video sudah sama dengan berdonasi. Jadi berdonasi uang tanpa uang,” katanya.

Radhiya menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin berdonasi, cukup mengunjungi alamat website GotongRoyong.in, pilih donasi bekerja sama dengan Baznas, lalu pilih Donasi Gratis. Kemudian, pengunjung akan diarahkan ke halaman yang berisikan video berdurasi 10 detik.

“Video yang ditampilkan disaring dulu. Kita tidak menerima iklan video gaming, rokok, pornografi, kekerasan dan semacamnya. Video ini juga tidak bisa diskip, karena kita tidak ingin merugikan pihak yang telah bekerja sama dengan kita. Tonton video hingga selesai, dan selamat, Anda sudah berdonasi dan ikut meringankan beban saudara-saudara kita,” katanya. (L/R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.