BAZNAS Gandeng OY! Beri Kemudahan dalam Berzakat

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menjalin kerja sama dengan sebuah layanan obrolan kolaboratif berbasis aplikasi yang dilengkapi fitur fiansial, yakni OY!. Penandatanganan kerja sama itu dilakukan di Kantor BAZNAS di Jakarta, Senin (17/12).

Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakanta mengatakan, kerja sama tersebut adalah dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dalam memberikan pelayanan berzakat kepada masyarakat Indonesia untuk membantu sesamanya yang masih membutuhkan uluran tangan.

Menurutnya, dengan jalinan kerja sama ini, hal itu menjadikan tren baru di media sosial yang tidak hanya digunakan untuk sekadar berkomunikasi saja, tapi juga bisa memfasilitasi masyarakat yang gemar menolong satu sama lain dengan cara yang lebih mudah.

“BAZNAS menyambut baik kerja sama yang dilakukan ini, dengan melakukan fundraising secara digital, tentu dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat. Harapannya, dengan adanya kemudahan ini, pengumpulan dan penyaluran donasi bisa lebih menyebar luas,” katanya.

Arifin menambahkan, BAZNAS mendukung lahirnya model setiap media sosial yang bisa digunakan juga sebagai sarana donasi untuk membantu sesama.

Ia mengatakan, dalam kampanye pengumpulan zakat, BAZNAS sendiri memiliki tiga platform dalam digital fundraising. Pertama melalui laman website BAZNAS, e-commerce, dan penggalangan dana lewat media sosial yang telah bekerja sama dengan BAZNAS.

Sementara itu, Ceo OY! Indonesia, Jesayas Ferdinandus, mengatakan, OY! ingin menjadi jembatan antara BAZNAS dengan dermawan yang ingin menyalurkan donasi berupa zakat, infak, maupun sedekah.

“Kemudian dari donasi yang terkumpul kemudian didistribusikan oleh BAZNAS kepada yang membutuhkan,” katanya.

Melalui aplikasi, OY! bersama BAZNAS juga telah melakukan penggalanan dana selama dua pekan dan terkumpul donasi sebesar Rp 58.935.000.

Dari dana kemanusiaan yang terkumpul ini, diperuntukan untuk membantu masyarakat Sulawesi Tengah (Sulteng) yang menjadi korban gempa bumi dan tsunami.

“Bencana alam yang menimpa Sulawesi Tengah telah mengakibatkan saudara-saudara kita kehilangan tempat tinggal dan harta benda mereka. Hal ini menjadi luka yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia, tidak terkecuali kami, keluarga besar OY!,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya berinisiatif untuk bekerja sama dengan BAZNAS mengumpulkan donasi agar dapat meringankanbeban saudara-saudara kita. Ia berharap donasi ini dapat membantu mereka agar dapat segera beraktivitas kembali.

“Kami berkolaborasi dengan BAZNAS untuk terus membantu saudara kita yang kurang mampu melalui program OY! Peduli,” katanya.

Ia mengaku tak jarang menemukan orang-orang yang membutuhkan bantuan tapi tidah tahu bagaimana cara membantunya.

“Program OY! Peduli menjadi penjembatan di mana setiap pengguna OY! nantinya dapat merekomendasikan mereka yang memerlukan bantuan, langsung ke BAZNAS,” katanya. (L/R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)