Baznas Kembangkan Warung Z-Mart di Jabodetabek

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional () mengembangkan di Jabodetabek untuk memberdayakan para mustahik dalam meningkatkan eksistensi dan kapasitas usaha ritel mikro di tengah-tengah tantangan usaha ritel skala besar.

Anggota Baznas, Irsyadul Halim mengatakan, jaringan ritel Z-Mart yang tersebar di Jabodetabek hadir di tengah-tengah masyarakat, keunggulannya adalah menjual keperluan rumah tangga dengan harga murah serta memberdayakan para mustahik untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Baznas mengembangkan Z-Mart yang tersebar di banyak wilayah di Jabodetabek. Pengembangan Z-Mart sebagai wujud Baznas dalam upaya meningkatkan derajat para mustahik salah satunya melalui pemberdayaan ekonomi,” katanya dalam keterangan yang diterima MINA, Jumat (18/1)

Halim menyatakan, Baznas kembali meluncurkan Z-Mart di Kampung Melayu Kelurahan Bukit Duri Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan pada Jumat, (18/1).

Ia mengungkapkan, program pemberdayaan dengan mengembangkan warung Z-Mart ini dengan memberikan bantuan modal usaha, di Kampung Melayu, terdapat 11 mustahik diberi modal sebesar total Rp 99 juta.

Menurutnya, selain memberikan modal usaha, Baznas juga membantu melakukan branding dan pendampingan untuk memajukan usahanya.

“Bantuan modal usaha ini diberikan dalam bentuk barang dagangan, bahan baku produksi, peralatan produksi, dan perbaikan alat usaha serta branding produk, serta tempat usaha. Baznas berharap, dengan ini usaha para mustahik bisa lebih berkembang dan bisa mensejahterakan kehidupan mereka,” katanya.

Selain itu, Baznas juga turut mengembangkan program pemberdayaan kepada 19 orang mustahik yang tergabung dalam kelompok pedagang nasi goreng keliling di wilayah Kampung Melayu dan diberi modal usaha oleh Baznas dengan total Rp 73.850.000. (R/hnh/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.