Baznas Kirim Mobile Clinic untuk Pengungsi Rohingya

Ambulans bantuan dari . (Foto: Tribun Jateng/Dini)

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan mengirim mobile clinic berupa dua ambulans dan satu mobil transportasi medis serta solar cell kepada pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh.

Setelah melakukan penelitian dan musyawarah beberapa kali, mobile clinic dan solar cell dinilai sangatlah tepat melihat jarak antar shelter menuju pelayanan kesehatan yang cukup berjauhan.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan kita yang sudah dilaksanakan. Pada tanggal 13 Oktober 2017 lalu kita sudah sempat mengirim tim ke sana. Kita sudah menyakurkan air bersih, shelter, dan pengobatan di sana,” kata Wakil Ketua Baznas Zainulbahar Noor saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (19/1).

Ia menambahkan, mobile clinic itu didapat hasil dari program peduli Rohingya Baznas yang bantuannya berasal dari rakyat Indonesia sebanyak Rp6 miliar.

Sementara itu, Direktur Pendistribusian Baznas Mohammad Nasir Tajang mengatakan pada Jumat (19/1) malam, ia bersama perwakilan dari Baznas Tanggap Bencana (BTB) akan bertolak ke Bangladesh turun langsung menyalurkan bantuan.

Ia mengatakan, mobil ambulan itu akan dibeli di Bangladesh, setelah melakukan melakukan penghitungan, membeli ambulan di sana lebih efisien ketimbang membawanya dari Indonesia.

Untuk solar cell sendiri dinilai juga sangat tepat, menurutnya untuk bantuan sembako di sana sudah sangat banyak bahkan ada beberapa shelter yang digunakan sebagai tempat gudang menyimpan sembako karena saking banyaknya.

“Listrik juga dibutuhkan, tadinya kita mau pakai diesel, tetapi setelah berdiskusi, solar cell lebih tepat, ada beberapa shelter besar yang akan kita letakkan solar cell,” kata Nasir. (L/R08/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.