BAZNAS Lakukan Analisis Dampak Ekonomi Bencana di Sulteng

Jakarta, MINA – Sebagai salah satu institusi yang memiliki peran penting dalam menangani bencana gempa bumi dan tsunami di - Sulawesi Tengah (Sulteng), Badan Amil Nasional () melakukan analisis dampak ekonomi yang dialami oleh para korban. 

Ketua BAZNAS Bambang Soedibyo menjelaskan, peran BAZNAS yang dilakukan diawali dengan fase rescue (upaya penyelamatan secara cepat dan tepat), relief (bantuan kebutuhan dasar untuk mengembalikan kemandirian korban), recovery (pengembalian keadaan sebelum terjadi bencana) dan reconstruction (pembangunan kembali sarana prasarana yang rusak akibat bencana). 

“Pada saat terjadi bencana, masyarakat yang terdampak akan kehilangan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Aset-aset pribadi maupun umum yang rusak akibat bencana akan menghalangi produktivitas mereka dalam melakukan berbagai hal, misalnya dari segi ekonomi,” ujarnya saat melakukan jumpa pers di Jakarta, Selasa (11/10). 

Oleh sebab itu, Bambang mengatakan, mereka pun dapat dikategorikan sebagai ashnaf fakir dan berhak untuk mendapatkan zakat. Selain dapat diberikan uang zakat, para masyarakat terdampak bencana juga bisa diberikan bantuan dari uang infaq dan sedekah yang ada di BAZNAS. 

Sementara itu, Direktur Pusat Kajian Strategis BAZNAS (Puskas BAZNAS) Irfan Syauqi Beik menjelaskan mengenai perhitungan kerugian infrastruktur dan pemetaan potensi kerugian terbesar pada sektor ekonomi di wilayah terdampak yang dialami oleh Palu-Donggala. 

Untuk Kota Palu, estimasi kerugian infrastruktur senilai 23,9T. Dari sisi perekonomian potensi terbesar pada sektor yang terdampak yaitu industri (48% di Kecamatan Mantikulore), peternakan (39% di Kecamatan Palu Utara) dan Hortikultura (40% di Kecamatan Tawaeli). 

“Potensi infrastruktur kesehatan terdampak paling besar di Kecamatan Mantikulore (23%) dan infrastruktur pendidikan di Kecamatan Palu Timur (19%),” ujar Irfan. 

Dia menjelaskan, untuk Kabupaten Donggala estimasi kerugian infrastruktur senilai 773,2 M. Dari sisi perekonomian potensi terbesar pada sektor yang terdampak yaitu perkebunan (38% di Kecamatan Sindue Tambusabora), peternakan (23% di Kecamatan Dampelas), hortikultura buah-buahan (32% di Kecamatan Sindue Tobata) dan Hortikultura sayur-sayuran (30% di Kecamatan Tanantovea). Potensi infrastruktur kesehatan dan infrastruktur pendidikan terbesar di Kecamatan Banawa Selatan (12%).

“Dengan adanya analisis dampak ekonomi bencana ini maka diharapkan hal tersebut akan memberikan panduan bagi BAZNAS untuk mendesain program intervensi dalam rangka pemulihan perekonomian lokal, baik di Palu-Donggala maupun di Lombok,” tambahnya.(L/R04/R01) 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.