Bedah Buku “Reformasi Dikorupsi” Ungkap Sejarah Korupsi sejak Zaman Belanda

Jakarta, MINA – Komunitas Nyok Baca Buku Jakarta dan Komunitas Bambu menyelenggarakan Diskusi dan dengan tema “” pada Jumat (27/9) di Jakbook Pasar Buku Kenari, Jakarta Pusat.

Acara itu membedah buku karya Peter Carey, dkk berjudul ” Korupsi dalam Silang Sejarah Indonesia : Dari Daendels (1808-1811) sampai Era Reformasi yang juga dihadiri oleh Sejarawan .

Dalam bukunya Peter mengungkapkan, korupsi di Indonesia sendiri telah terjadi sejak masa Daendels, yaitu ketika Bangsa Eropa yang awalnya datang untuk menyewa tanah atau berdagang akhirnya membuka jalan kepada pejabat pribumi untuk bertindak korup hingga berkembang serta berlanjut seterusnya.

Ia juga melakukan riset tentang Pangeran Diponegoro yang menurutnya merupakan contoh sosok pemimpin yang memiliki sikap anti korupsi.

Senada dengan hal itu, Sejarawan JJ Rizal juga mengatakan, hal yang tidak pernah diungkap adalah bahwa perang Jawa terjadi karena adanya korupsi.

“Tidak diterangkan dalam buku-buku pelajaran yang harusnya menjadi bagian kampanye untuk kita dapat menumbuhkan kesadaran sikap kepahlawanan sebagai salah satu basis yang penting untuk melawan sikap korup, bahwa insipirasi asal-usul perang Diponegoro ini karena Korupsi,” ujarnya.

“Yang menarik menurut saya, pak Peter menggambarkan melalu Diponegoro bahwa seorang pemimpin itu harus punya sikap yang cekatan, sikap yang mampu mengendus dengan cepat hal-hal yang buruk, dan itu adalah keharusan,” ujarnya. (L/Ast/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.