Bertemu Presiden Korsel, Menlu Retno Sampaikan Undangan Asian Games 2018

Seoul, MINA – Sebagai utusan khusus Presiden RI, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P Marsudi, secara langsung menyampaikan undangan Presiden Joko Widodo kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-In untuk hadiri pada acara pembukaan Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus 2018.

“Asian Games yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, tidak hanya sebagai ajang kompetisi olahraga,  tetapi harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk merekatkan persahabatan dan perdamaian,” ujar  di Kantor Kepresidenan, Blue House, saat bertemu Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, Jumat (27/07).

Menlu Rertno menyambut baik rencana Korea Selatan dan Korea Utara untuk membentuk tim bersama pada beberapa cabang di antara lain Bola basket wanita, Kano dan Dayung. Demikian keterangan pers Kemlu RI yang diterima MINA.

Secara khusus, Presiden Moon menyampaikan penghargaan terhadap konsistensi dalam mendukung perdamaian di Semenanjung Korea. Presiden Moon antara lain merujuk pada pesan perdamaian yang disampaikan Presiden Jokowi kepada Duta Besar Korea Selatan dan Korea Utara di Jakarta, tanggal 30 April 2018.

Presiden Moon juga menyampaikan komitmen Otoritas Korea Selatan untuk berusaha semaksimal mungkin mencari tiga ABK Indonesia yang hilang akibat kecelakaan (tabrakan) dua kapal Korea di dekat perairan Jepang tanggal 26 Juli 2018.

Presiden Moon sepakat dengan Menlu RI mengenai pentingnya peningkatan berbagai kerjasama konkrit sebagai tidak lanjut “Special Strategic Partnership” yang telah dimiliki oleh kedua negara.

Sebelumnya Menlu RI telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Korea Selatan, Kang Kyung-wha di Seoul pada tanggal 26 Juli 2018.(R/R04/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.