Bimo Sasongko Terpilih Jadi Ketua Umum Ikatan Alumni Jerman

Jakarta, MINA – Ikatan Alumni Jerman (IAJ) mengumumkan ketua umum barunya,  yakni Bimo Joga Sasongko BSAE, MSEIE, MBA. Bima terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional (Munas) I IAJ pada Sabtu 5 Desember 2020.

Pernyataan tersebut disampaikan Dr Eng Iwan Tutuka Pambudi, MEng selaku Ketua Steering Committee Munas ke-1 IAJ 2020 melalui keterangan pers yang diterima MINA, Rabu (9/12).

Bimo Joga Sasongko BSAE, MSEIE, MBA kepada MINA di Jakarta, Rabu, mengungkapkan, terpilihnya dia sebagai ketua umum menjadi suatu kehormatan dapat memimpin organisasi yang saat ini ada sekitar 30.000 alumninya di seluruh Indonesia.

“Saya berharap, ke depannya agar ribuan alumni Jerman bisa bersinergi dan membangun bangsa,” ucap Bimo yang juga Pendiri Euro Management Indonesia.

Dia menjelaskan, para alumni Jerman mendirikan IAJ sebagai organisasi profesi untuk meningkatkan peran, memperluas jaringan dan kompetensi alumni, serta merupakan wahana untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa.

Visi IAJ yaitu mengoptimalkan dan mendorong kekuatan alumni Jerman supaya lebih eksis, kredibel dan dipercaya oleh berbagai kepentingan di tanah air. Misi jangka pendek IAJ adalah menjalin sinergi antar alumni. Disertai dengan mempromosikan dan menyuarakan portofolio kompetensi dan keahlian para alumni melalui berbagai platform dan media.

Selain itu, lanjut Bimo, IAJ juga memiliki misi spesial untuk ikut serta mendorong dan meningkatkan jumlah mahasiswa asal Indonesia untuk belajar di negara Jerman hingga 10 ribu orang selama lima tahun kedepan. IAJ juga berperan aktif sebagai think tank bangsa terkait dengan strategi, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan nasional.

Ikatan Alumni Jerman juga ikut berusaha membangun komunikasi, partisipasi dan diplomasi demi kepentingan yang luas untuk kedua bangsa. Penguatan hubungan Indonesia-Jerman perlu ditingkatkan dalam berbagai aspek. Terutama terkait dengan bidang pembangunan yang kini menjadi perhatian besar pemerintahan Presiden Joko Widodo.

IAJ terus berusaha melakukan kajian dan membuat forum Iptek dalam bentuk pemikiran dan gagasan terkait dengan penguatan hubungan antara Indonesia-Jerman yang sangat berguna untuk menunjang pembangunan Indonesia kini.

Kemudian, IAJ berharap ikut berpartisipasi dalam pameran teknologi industri terbesar di dunia yang akan digelar di Hannover, Jerman pada 20-24 April 2021 mendatang. Indonesia adalah negara mitra resmi dalam pameran ini, yang akan menampilkan wajah Indonesia sebagai negara emerging yang tengah melakukan transformasi ekonomi ke industri 4.0 berbasis riset dan inovasi. (L/R11/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)