BKKBN: Perempuan Pegang Peran Sentral untuk Peningkatan Ketahanan Keluarga

Banjarmasin, MINA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional () mengatakan dukungan komitmen yang sinergis dan terpadu dari para Pemangku Kepentingan dan mitra kerja sangat diperlukan supaya pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) berhasil.

Sekretaris Utama BKKBN, Nofrijal, menekankan dukungan tersebut diperlukan secara operasional mulai dari tingkat pusat hingga ke lini lapangan.

“Salah satu mitra kerja BKKBN yang strategis adalah Dharma Wanita Persatuan (DWP),” katanya saat membuka Seminar Nasional Dharma Wanita Persatuan (DWP) BKKBN tingkat nasional dalam rangka XXVI seperti dilaporkan MINA dari Hotel Ratan Inn, Banjarmasin, Kamis (4/7).

Menurutnya, DWP mengambil peran yang sangat strategis dalam kesejahteraan dan ketahanan sebuah keluarga. Peran domestik ini bukanlah peran yang kecil dan sepele, karena sejatinya dharma seorang wanita bisa dibaktikan di mana saja, baik di ranah domestik maupun publik.

“Sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia, sudah selayaknya DWP memiliki standing position dan mengambil peran strategis dalam konstelasi pembangunan nasional,” ungkap Nofrijal

Ketua Dharma Wanita Persatuan BKKBN, Dwikisworo Hasto Wardoyo, dalam kesempatan yang sama, menambahkan, “Pentingnya peran strategis perempuan dalam aspek pembangunan semakin meningkat, perempuan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas yang kita tetapkan.”

Program prioritas tersebut, lanjutnya, yaitu pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Untuk itu, program peningkatan kualitas dan pengembangan wawasan untuk pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan lebih diperluas lagi.

Kegiatan Dharma Wanita Persatuan (DWP) BKKBN tingkat nasional dalam rangka Harganas XXVI tahun 2019 tersebut menjadi forum yang sangat relevan untuk membangun silaturahmi, sinergitas, dan solidaritas organisasi, serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, memperluas jaringan, dan meningkatkan kepedulian sosial. (L/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.