BMKG Catat Tiga Gempa Guncang Wilayah Indonesia Timur

Maluku, MINA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () mencatat telah terjadi tiga mengguncang wilayah , Kepulauan Maluku, Indonesia Timur pada Senin (7/1). Gempa terbesar terjadi dengan magnitudo 6,5 skala richter.

Dari catatan BMKG yang dikutip MINA, dari tiga gempa tersebut, ada satu gempa besar yang mengguncang Halmahera terjadi pada pukul 00.27 WIB tepatnya di wilayah Halmahera Barat, Maluku Utara.

Gempa yang mengguncang Halmahera Barat tersebut berkekuatan 6,5 skala richter dengan kedalaman 10 km. Gempa tersebut terjadi di 146 km barat laut Halmahera Barat.

Gempa ini dapat dirasakan hingga Manado dengan skala MMI II-III, Bitung dengan skala MMI II-III, Siau dengan skala MMI II-III, Naha dengan skala MMI II-III, Tobelo dengan skala MMI II-III, dan Galela dengan skala MMI II-III.

Gempa kedua kembali mengguncang Halmahera Barat sejam kemudian, tepatnya pada pukul 01.18 WIB berkekuatan 5 skala richter dengan kedalaman 10 km. Gempa berada di 145 km barat laut Halmahera Barat.

Gempa ketiga terjadi di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara pada pukul 01.25 WIB berkekuatan 5,1 skala richter dengan kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di 146 km timur laut Kabupaten Siau, Sulawesi Utara. (L/R06/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)