BMKG Rilis Wilayah Waspada Bencana Hidrometrologi

Jakarta, MINA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () mengeluarkan peringatan dini untuk beberapa wilayahdi Indonesia yang berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi akibat cuaca ekstrem yang terjadi beberapa pekan terakhir.

Dalam akun resmi @infoBMKG menyebut setidaknya ada sembilan wilayah berstatus ‘Waspada’ terhadap bencana hidrometeorologi.

Potensi wilayah berstatus ‘Waspada’ bencana hidrometeorologi yaitu; Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Indonesia pada bulan Juli 2022 ini masih masuk musim kemarau, namun wilayah Jabodetabek diguyur hujan sejak Jumat 15 Juli 2022. Akibatnya, beberapa titik terjadi di wilayah itu.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, terjadinya hujan di Jabodetabek tersebut karena adanya fenomena La Nina, sehingga hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia hingga satu pekan mendatang.

“Fenomena La Nina pada bulan Juli ini diidentifikasi masih cukup aktif dengan kategori lemah,” ujar Guswanto.

Karena itu, wilayah Jabodetabek masih perlu mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di pada siang-sore hari terutama di wilayah barat, timur, dan selatan. (R/P2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.