BNI Syariah Ajak Milenial Pahami Literasi Perbankan Syariah

Padang, MINA – Direktur Utama BNI Abdullah Firman Wibowo mengajak generasi milenial Universitas Andalas untuk pahami literasi dan inklusi perbankan syariah lewat Hasanah Public Lecture. kepada generasi milenial untuk meneladani Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

“Dalam berperan sebagai agen perubahan yang memiliki visi, memberikan pengaruh positif bagi lingkungan di sekitarnya, dan memegang teguh Hasanah, yang diaplikasikan dalam gaya hidup yang halal sesuai dengan prinsip syariah,” kata Wibowo di hadapan lebih dari 600 mahasiswa Universitas Andalas di Convention Hall Universitas Andalas, Padang. Demikia keterangan dari BNI Syariah yang diterima MINA, Selasa (19/2).

Dengan mengangkat tema “Peran Perbankan Syariah Membangun Ekonomi Bangsa di Era Industri 4.0” Turut hadir Rektor Universitas Andalas Tafdil Husni. Menghadapi era revolusi industri 4.0 menuju smart society 5.0, muncullah kondisi dunia yang bergejolak (volatile), tidak pasti (uncertainty), rumit (complex), dan serba kabur (ambiguous) atau dikenal dengan VUCA (volatile, uncertain, complex, ambiguous) era.

“Peran digitalisasi dalam pertumbuhan industri perbankan syariah sangat penting. Dengan adanya peran digital, proses transaksi lebih cepat dan menjangkau banyak daerah. Contohnya transaksi bisa dilakukan hanya dengan digital banking aplikasi dan internet,” jelasnya.

Dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di kalangan milenial dan mencetak agen perubahan yang memiliki Hasanah value.

Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas Andalas mengenai kerja sama pemanfaatan produk dan jasa perbankan Syariah yang ditandatangani oleh Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo dan Rektor Universitas Andalas Tafdil Husni.

Dalam kerja sama ini, BNI Syariah memfasilitasi civitas akademika Universitas Andalas dengan berbagai produk dan layanan perbankan syariah diantaranya cash management yang didukung teknologi dan jaringan yang terintegrasi dengan BNI seperti e-banking, tapcash, VCN (Virtual Card Number), ATM, dan kantor cabang BNI yang melayani transaksi syariah (sharia channeling office/SCO).

Selain itu, BNI Syariah memiliki produk-produk unggulan yang dapat dimanfaatkan civitas akademika Universitas Andalas diantaranya, pembiayaan konsumtif yaitu pembiayaan pembelian rumah atau kendaraan, kartu pembiayaan (BNI iB Hasanah Card), pembiayaan produktif yaitu pembiayaan untuk modal kerja, investasi, dan mikro, tabungan haji dan umroh, dan Wakaf Hasanah. (L/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)