BNPB: Penyebaran Covid-19 Terus Meningkat Sejak 11 Maret 2020

Jakarta, MINA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana () Doni Monardo mengatakan, penyebaran pandemik terus meningkat sejak 11 Maret 2020 seperti dikatakan WHO.

Di Indonesia, sampai Jumat 13 Maret 2020 terdapat 69 orang positif corona dan 4 orang meninggal.

“Merespon hal itu, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kepala BNPB sebagai ketua tim pelaksana guna tugas percepatan covid-19,” kata Doni dalam konferensi pers Peluncuran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (14/3).

Selanjutnya, BNPB akan melibatkan seluruh sumberdaya yaitu: pemerintah masyarakat, dunia usaha, para pakar akademisi dan media.

Ia menjelaskan, percepatan yang akan dilakukan adalah dengan menerapkan manajemen penanganan darurat bencana yang memberikan akses lebih luas dan mudah, pengerahan sumberdaya secara terencana dan terpadu yang tercantum dalam pasal 50 UU no 24/2007 tentang penanggulangan bencana.

Doni mengatakan, gubernur dan bupati/walikota agar membentuk gugus tugas percepatan penanganan covid-19 di daerah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Dalam pelaksanaan tugasnya akan dibantu oleh Pangdam/Danrem, Kapolda, Kadiskes dan Kepala BPBD serta OPD dan para pihak terkait.

Lanjutnya, secara teknis penanganan penyakit, jajaran sektor kesehatan baik dari pemerintah maupun para pihak dari BUMN, sektor lembaga usaha swasta, IDI, lembaga non pemerintah, perguruan tinggi, lembaga riset akan terlibat secara terencana dan terpadu untuk melakukan penguatan pencegahan, percepatan deteksi dan respons.

Aksi nyata yang dilakukan adalah memperbanyak tempat pengetesan covid-19, memperbanyak toolkits untuk test secara cepat, memperbanyak tenaga medis dengan mengundang dan melibatkan semua pihak termasuk para mahasiswa kedokteran tingkat akhir, dokter dari IDI, serta relawan medis lainnya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan media yang telah mengabarkan kepada dunia, semoga apa yang kita lakukan mendapatkan kebaikan untuk bangsa. Sehingga kita mampu mengurangi resiko dan mencegah adanya korban covid-19,” harapnya. (L/R8/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.