Bumikan Diplomasi Indonesia, Menlu Hadiri Diplofest di Padang

Jakarta, MINA – Kementerian Luar Negeri () kembali menggelar Festival Diplomasi (Diplomacy Festival/ ) ke-empat tahun 2019 yang kali ini diadakan  di , Sumatera Barat, guna membumikan diplomasi Indonesia kepada masyarakat.

“Diplofest diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI pada Jumat dan Sabtu (1-2/2) untuk membumikan diplomasi Indonesia agar lebih dekat dengan masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa, pelajar dan pemuda pemudi di Padang,” demikian pernyataan resmi Kemlu dikutip MINA di Jakarta, pada Jumat (1/2).

Diplofest sebelumnya dilaksanakan di Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung yang telah menarik sekitar 15.000 peserta.

Kali ini, digelar di kota Padang dengan menghadirkan dua kegiatan yaitu kuliah umum (public lecture) dan Festival Diplomasi.

“Dalam Public lecture, para pelajar dan mahasiswa dapat langsung berdiskusi dengan pelaku garis depan diplomasi Indonesia termasuk dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno L.P Marsudi di Padang. Public Lecture bersama Menlu akan diselenggarakan di Universitas Andalas pada Sabtu 2 Februari 2019  pukul 9.00 – 11.00 pagi,” tulis pernyataan itu.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Multilateral, Febrian A. Ruddyard, membahas mengenai kreatif ekonomi di Universitas Negeri Padang Jumat tanggal 1 Februari 2019 pukul 14.00 – 16.00.

Sementara itu, Festival Diplomasi akan diselenggarakan  di Lapangan Imam Bonjol pada 2 Februari 2019 mulai jam 12.00 siang, para pengujung dapat menyelami diplomasi Indonesia secara langsung.

“Mereka dapat terjun merasakan mewakili Indonesia  berkontribusi untuk perdamaian dunia dalam sidang Dewan Keamanan PBB, berhadapan dengan wakil negara lain dalam sidang unilateral, berlatih berbicara di depan publik, dan simulasi TOEFL/IELTS,” tambahnya.

Festival Diplomasi juga menghadirkan area Edu Fairs, di mana pelajar dapat mengujungi berbagai booth dari berbagai program beasiswa, bagaimana menjadi Diplomat, hingga lowongan kerja di Organisasi Internasional.  Pengunjung juga dapat langsung berdiskusi dan bertukar pengalaman dengan para diplomat Indonesia.

“Diplofest diharapkan dapat mendorong masyarakat khususnya Generasi Muda, mahasiswa dan pelajar untuk dapat lebih memahami dan menjadi bagian dari Diplomasi Indonesia. Karena Diplomasi Indonesia adalah milik Bersama,” tambahnya. (L/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)