DD Bangun Sumur Air Bersih Untuk masyarakat Desa Pantai Harapan Jaya

Bekasi, MINA – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa () membangun untuk masyarakat Desa Pantai Harapan Jaya,Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Selasa (23/7).

Akibat tidak menentunya kondisi iklim yang terjadi di Indonesia membuat masyarakat Desa Pantai Harapan Jaya sudah tidak kaget lagi dengan peristiwa alam yang terjadi di wilayahnya.

Pasalnya desa itu merupakan daerah langganan banjir. Bukan hanya banjir yang kerap melanda Desa Pantai Harapan Jaya, cuaca panas dan tanah tandus juga kerap kali terjadi di desa tersebut.

“Banjir kerap kali melanda Desa Pantai Harapan Jaya tiap tahunnya. Desa ini merupakan daerah langganan banjir tiap tahun. Kita juga sudah memiliki upaya-upaya awal untuk menyusun kebijakan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di tingkat desa. DMC Dompet Dhuafa juga telah memberikan bantuan berupa perahu bermesin berkapasitas delapan orang untuk warga desa saat membantu bencana banjir tahun 2016 silam,” ujar Ahmad Baikhaki, Koordinator Program Kawasan Tanggap Bencana (KTB) DMC Dompet Dhuafa.

Ahmad mengatakan, usai banjir tahun 2016 berakhir, DMC Dompet Dhuafa melalui program KTB mengadakan pelatihan dasar penanggulangan risiko bencana bersama masyarakat Desa Pantai Harapan Jaya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dengan melibatkan sekitar 30 orang yang terdiri dari unsur pemerintahan, desa dan masyarakat setempat.

Masyarakat diajak untuk memahami upaya-upaya awal mengurangi risiko dampak banjir dengan memiliki bale minimal dua buah di setiap rumah, agar ketika volume air meningkat, warga dapat menyelamatkan barang-barangnya.

Selain itu, pemerintah desa mengimbau pentingnya menerapkan kalender musim saat bercocok tanam. Sehingga warga dapat memperdiksi waktu paling tepat untuk bercocok hingga panen, serta menghindari terjadinya gagal panen akibat banjir.

Keberadaan sumur oleh DMC Dompet Dhuafa itu pun mendapat kesan rasa syukur dari para warga Desa Pantai Harapan Jaya.

Sumur air bersih yang dibangun DMC bersama warga sekitar dapat menampung air hingga 2.200 liter.

Pembangunan sumur air bersih ini merupakan bentuk upaya meminimalisir risiko bencana kekeringan yang kerap melanda desa. (R/Gun/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.