Dekranasda DKI Adakan Lomba Jakarta Urban Merchandise 2021

, MINA – Dewan Kerajinan Nasional Daerah () DKI Jakarta bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta mengadakan .

Kegiatan ini mengajak para perajin di Jakarta untuk mengembangkan produk yang menampilkan ciri khas Jakarta melalui karya kekinian dan ramah lingkungan.

“Lomba Jakarta Urban Merchandise ini adalah peluang bagi para kreator dalam menciptakan desain produk berbasis urban merchandise,” ujar Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Jumat (18/6).

“Nantinya akan ada pembinaan bagi para finalis untuk terjun lebih dalam, menciptakan produk yang mampu berdaya saing,” tambahnya.

Fery menyampaikan, pada kegiatan ini akan dipilih lima kreator terbaik dan memenangkan total hadiah Rp. 62.000.000,-.

Ia juga menjelaskan, peserta yang dapat mengikuti yaitu: Warga Negara Indonesia, Anggota Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Jurusan Desain dan Seni serta professional/umum yang berusia minimal 15 tahun.

Kualifikasi produk yang dilombakan:
1. Konsep produk belum pernah dipublikasikan sebelumnya
2. Konsep produk merupakan karya asli, tidak meniru konsep atau hak cipta milik orang lain. Panitia berhak membatalkan keikutsertaan apabila peserta terbukti melakukan peniruan atau penjiplakan.
3. Lomba ditujukan untuk desain produk yang terbuat dari 7 (tujuh) jenis bahan dasar (Keramik, Kayu, Batu-batuan, Serat Alam, Material Alam, dan Tekstil) mengacu ke AD/ART Dewan Kerajinan Nasional, 70% TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).
4. Desain produk berupa kreasi Produk Lifestyle yang kreatif dan inovatif (kearifan lokal Jakarta).
5. Produk Lifestyle harus merupakan produk gaya hidup kekinian yang ramah lingkungan serta berguna bagi masyarakat luas.

Selanjutnya, bagi peserta yang ingin mengikuti dapat mengunduh formulir pendaftaran di bit.ly/DaftarJakartaUrbanMerchandise2021.

Kirim formulir yang telah dilengkapi beserta scan identitas diri (KTP/SIM/Passport), deskripsi konsep kreatif, dan visual konsep ke e-mail [email protected], paling lambat 22 Agustus 2021, pukul 23.59 WIB.

“Segera daftarkan diri dan ambil bagian dalam mendukung semangat kebangkitan ekonomi kreatif Jakarta,” ajak Fery.

Dekranasda DKI merupakan organisasi nirlaba yang diketuai oleh Istri dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang telah memiliki 402 anggota.

Organisasi ini juga tempat pengembangan beragam produk kerajinan unggulan berkualitas sebagai ikon Kota Jakarta.

Berbagai informasi dan kegiatan seputar Dekranasda DKI dapat dilihat melalui website www.dekranasda.jakarta.go.id. (R/SR/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.