Delegasi Arab Saudi dan Jepang Tinjau Kesiapan Asian Games

Jakarta, MINA – Dalam kurun waktu kurang dari 90 hari Panitia Pelaksana (INASGOC) terus menerima kunjungan delegasi National Olympic Committee (NOC) dari berbagai negara peserta pesta olahraga bangsa Asia ke-XVIII ini.

Pekan ini, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 menerima kunjungan dari NOC Kerajaan Arab Saudi dan Jepang. Meski kedua NOC tersebut datang dalam rombongan kecil, namun mereka berintensif menanyakan banyak hal terkait kesiapan athlete village, competition venue, hingga transportasi.

“Kunjungan delegasi NOC Asia memberikan dorongan agar persiapan yang kami lakukan harus lebih intensif. Secara keseluruhan, mereka menyatakan kepuasan, kami juga mencatat masukan agar penyelenggaraan bisa berjalan lancar,” kats Sekertaris Jenderal Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Eris Herryanto, Selasa (22/5).

Delegasi NOC Kerajaan Arab Saudi yang terdiri dari 10 orang dipimpin oleh Prince Fahad bin Jalawi Al Saud yang akan bertindak sebagai chef de mission negaranya. Secara khusus mereka juga membawa para penanggung jawab cabang olahraga menembak, karate, balap sepeda, bola tangan, dan taekwondo yang merupakan cabang-cabang andalan negara tersebut.

Saat berkunjung ke Athlete Village di Kemayoran, rombongan diterima oleh Deputi I Games Operation INASGOC, Harry Warganegara, Director Athlete Village and Village Service Department, Tri Ananta Andrewan, dan Wakil Koordinator International Relations and Protocol, Nur Leily Rachmawati.

“Concern kami di athlete village dan beberapa venue, termasuk bola tangan yang menjadi andalan negara kami. So far, memuaskan. Kami menghargai kerja keras Indonesia dalam menyiapkan Asian Games nanti. Kami berharap, tuan rumah bisa menangani masalah-masalah kecil dalam pelaksanaan,” ungkap Prince Fahad Bin Jalawi yang bersama delegasinya akan berada di Indonesia hingga 23 Mei.

Sementara itu, Jepang mengirimkan enam anggota delegasi dari Japan Olympic Committee (JOC) yang mayoritas diwakili departemen sport yakni Kenji Kasahara, Toshikazu Watanabe, Seiji Kudoh, dan Kosuke Okoshi. Mereka diterima Ketua Koordinator International Relations and Protocol, Indra Kartasasmita, Selasa (22/5)

Jepang yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020 fokus terhadap persiapan atlet yang siap berlaga di Asian Games nanti sehingga delegasi yang datang ingin memastikan seluruh arena pertandingan. Terlebih di Asian Games 2018 ini ada cabang-cabang baru yang juga baru dipertandingkan di Tokyo 2020, yakni roller sports, sports climbing, dan baseball/softball.

Delegasi Jepang yang juga terdiri dari Yasunori Imai, Deputy Director JOC International Departemen dan Shunichi Shimizu akan berada di Indonesia hingga Kamis (24/5).

“Kami punya misi dalam kunjungan ini, yakni memastikan semua tempat dan sarana pendukung untuk pertandingan sesuai dengan standar internasional agar para atlet kami dapat bertanding dengan maksimal,” pungkas Kenji Kasahara. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0