Delegasi Taiwan Puas Terhadap Kesiapan Asian Games 2018

Delegasi Taiwan saat menginjungi Indonesia untuk melihat persiapan . (Foto: Humas)

Jakarta, MINA – Sebanyak 39 anggota delegasi NOC (National Olympic Committee) Taiwan menyatakan kepuasan setelah selama lima hari, sejak 15-20 April mengunjungi Indonesia untuk melihat persiapan Jakarta dan Palembang dalam menggelar Asian Games 2018 yang akan berlangsung empat bulan lagi.

Delegasi yang dipimpin Wakil Presiden NOC, Chao-Kuo Chang secara menyeluruh melihat lokasi-lokasi utama penyelenggaraan pesta olahraga Asia yang akan bergulir mulai 18 Agustus mendatang.

Mulai dari berbagai competition venue di kompleks Gelora Bung Karno, lokasi Main Press Center (MPC) dan International Broadcasting Centre (IBC) di Jakarta Convention Center, Senayan, perkampungan atlet di Kemayoran, venue equestrian di Pulomas, dan velodrome di Rawamangun.

Rombongan yang membawa 12 awak media ini  juga mengunjungi  Palembang, pada 18 April untuk melihat Jakabaring Sport City. Bahkan, di kota yang dibelah Sungai Musi itu, beberapa anggota delegasi sempat mencoba venue bowling yang baru.

“Kami mendapat sambutan hangat saat di Jakarta atau di Palembang. Kami melihat kedua kota sudah bekerja keras menyiapkan Asian Games. Kami memuji Athletes Village yang sangat bagus. Meski ada beberapa informasi lebih detil yang kami perlukan, namun secara keseluruhan kami puas dan sudah menatat beberapa hal yang harus kami siapkan,” kata Chao-Kuo Chang, saat diterima Sekjen Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Eris Herryanto, Kamis (19/4) di Kantor INASGOC.

Eris Herryanto menyatakan, kunjungan delegasi peserta Asian Games diperlukan untuk mendapatkan masukan dan memberikan motivasi kepada panitia agar bisa menggelar pesta olahraga Asia sebaik mungkin.

“Persiapan yang terus kami lakukan sangat simultan. Meski ada beberapa venue atau sarana pendukung yang terus dikerjakan, kami yakin semua akan siap pada Juni sehingga sempat diujicoba sebelum pelaksanaan,” jelas Eris.

Delegasi China ini terdiri dari Deputi Chef de Mission, Director of Competitive Sport Division Sport Administration, beberapa manajer cabang olahraga, serta sejumlah pelatih olahraga. Di setiap venue pertandingan, mereka menanyakan secara detil tentang kondisi terkini venue, fasilitas yang disediakan, transportasi, serta akomodasi bagi para ofisial.

Salah seorang wakil media, Po-An Long dari Central News Agency menyatakan kepuasan melihat MPC dan IBC yang luas serta mampu menampung sekitar 1.000 media bekerja secara bersamaan.

“Asian Games 2018 akan berjalan menarik. Ini Asian Games pertama yang akan digelar di dua kota, lalu akan mempertandingkan banyak cabang, dan menjanjikan kompetisi yang menarik. Saya pastikan akan kembali ke sini saat Games Times,” pungkas Po-An Long. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.