SAUDI KERAHKAN15.000 PERSONIL UNTUK KELACARAN IBADAH HAJI

Foto: Islam44net.com
Foto: Islam44net.com

Mekkah, 17 Dzulqa’dah 1435/12 September 2014 (MINA) – Imam besar masjidil Haram Sheikh Abdurahman Al-Sudais mengatakan,  Sebanyak 15.000 lebih personil akan dikerahkan demi kelancaran pelaksanaan ibadah .

Menurutnya, para petugas rencananya akan bekerja sampai 30 Dzul Hijjah/24 Oktober mendatang yang didasarkan pada beberapa aspek penting, mulai bimbingan, pendidikan dan pelayanan, seperti dilaporkan Alarobiya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

Al-Sudais mengatakan, jamaah haji akan mendapatkan keuntungan setelah diperluasnya Masjidil Haram. Hal itu termasuk seluruh tanah dan lantai pertama, serta lantai mezzanine (lantai tambahan) pada lantai pertama dan kedua.

Dia juga mengatakan, tersedia dua jembatan tingkat yang melingkar berkapasitas 7.000 jamaah haji untuk orang tua dan orang cacat.

Menurut Al-Sudais, lebih dari 10.000 toilet, tempat wudhu dan tempat air minum telah didirikan di halaman masjid. Imam masjid membuat persiapan untuk mempermudah para jamaah melakukan . Ratusan pemandu akan membantu jamaah haji, ratusan ribu buku dan brosur akan dibagikan untuk para jamaah haji.

Sebagai bentuk dari pelayanan kepada jamaah haji, lebih dari 10.000 sajadah baru telah tersebar di Masjid Nabawi, Madinah. Selain itu juga, mengganti wadah Zamzam tua dengan 13.000 yang baru dan mendirikan 26 TV sirkuit tertutup untuk mencerahkan dan membimbing para jamaah.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri dan Ketua Tinggi Komite Haji Arab Saudi, Pangeran Muhammad Bin Naif menyetujui rencana penambahan personil keamanaan, untuk bertugas selama ibadah haji dilaksanakan.

Menurut Mayjen Suleiman Al-Amr, Direktur Jenderal Pertahanan Sipil Arab Saudi, lebih dari 450 pusat Pertahanan Sipil dengan peralatan dan perlengkapan yang canggih di Makkah, Madinah serta tempat-tempat lain akan difungsikan dan digunakan untuk kepentingan pelayanan ibadah haji berlangsung. (T/P010/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0