Demo Damai Dukung Palestina di Kantor PBB di Sudan

Khartoum, MINA – Persatuan Umum Mahasiswa Sudan bersama para solidaritas cinta Palestina dan para politikus, Kamis (17/5) melakukan protes dan  mengutuk kampanye terselubung  yahudisasi kota Al Quds dan mengutuk penyerangan brutal  pasukan Israel terhadap warga Palestina di perbatasan Gaza.

Dalam demonstrasi  damai tersebut, para mahasiswa dari Persatuan Mahasiswa Sudan, melakukan protes kepada Kantor Perwakilan di Khartoum, demikian  Kantor Berita Nasional Sudan, SUNA melaporkan.

Dinyatakan bahwa Keputusan Pemerintah AS memindahkan kedutaan besarnya ke Kota Al-Quds adalah pelanggaran yang sangat jelas terhadap situs-situs umat beragama.

Demonstran juga meminta semua pihak untuk menghormati Piagam PBB pada tahun 1945, yang menegaskan penghormatan terhadap HAM dan tidak mengganggu gugat tempat-tempat suci agama.

Ketua Umum Ammar Alauddin Hassan dalam orasinya menyatakan, “Bahwa masalah Palestina merupakan isu yang  sangat penting di benak orang-orang Arab dan dunia Islam, meskipun eskalasi masalah di dunia Arab sendiri penuh dengan berbagai masalah. Dan kami mendukung segala upaya dunia Islam dan Arab untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan ini dengan secepatnya.”

Sedangkan Ketua Organisasi Assahid Sudan dalam orasinya mengatakan, walaupun di Sudan sedang terjadi masalah ekonomi, tapi mereka datang ke acara itu untuk menempatkan permasalahan Palestina menjadi poin utama mereka.

“Kami rakyat Sudan tidak akan istirahat jika Palestina belum terbebaskan dari penjajahan dan belum kembali kepada kaum muslimin,” katanya.

Dalam aksi demo damai itu, Wakil ketua Persatuan Pelajar Palestina untuk Sudan Ahmad Haidar mengatakan, sesungguhnya Palestina adalah waqaf Islam yang wajib dijaga dan tidak boleh lalai untuk menjaganya.

Ia mengajak kepada dunia Arab dan Islam maupun para pemimpin dunia Islam untuk berdiri bersama dengan rakyat Palestina memperjuangkan kembalinya Al-Quds dan  Masjid Al-Aqsha kepada dunia Islam.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Sudan  dan masyarakatnya dalam memberikan perhatian khusus tanpa batas dalam memperjuangkan Palestina. (L/K02/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Sidik Mustaqim

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0