Demonstran Rayakan Kemenangan Khalaf sebagai Ketua Asosiasi Pengacara Beirut

Melhem Khalaf (tengah) memenangkan jabatan Ketua Asosiasi Pengacara Beirut, Ahad, 17 November 2019. (Foto: Nahar Net)

Beirut, MINA – Para merayakan kemenangan yang mereka dukung untuk jabatan Ketua , Ahad (17/11).

Khalaf yang  seorang profesor hukum di Universitas Saint Joseph, mencetak kemenangan berharga bagi gerakan yang baru lahir atas partai-partai politik yang didirikan di negara itu.

Para pengacara yang mendukungnya meledak dengan gembira dan meneriakkan “revolusi, revolusi” begitu hasilnya diumumkan, demikian Nahar Net melaporkan.

Pendukung gerakan protes juga turun ke media sosial untuk merayakan berita itu sebagai kemenangan baik yang terjadi saat mereka menandai satu bulan sejak awal pemberontakan mereka

Khalaf juga menerima suara dari partai oposisi Kataeb ketika kandidat independen Nader Kaspar didukung oleh partai-partai politik dari koalisi yang berkuasa kalah.

Berbicara setelah ia dinyatakan sebagai pemenang, Khalaf memberi hormat “para pendukung demokrasi” dan berharap demokrasi akan memperbarui semua lembaga.

“Kami ingin lembaga-lembaga itu menjadi benteng kekebalan tubuh untuk melindungi negara dan warganya, di tengah-tengah Asosiasi Pengacara,” kata Khalaf.

“Asosiasi Pengacara telah menjadi benteng kebebasan pertama selama 100 tahun dan akan selalu demikian,” tambahnya.

Asosiasi Pengacara Beirut memainkan dua peran utama. Pertama, peran profesional dengan melindungi hak-hak pengacara, kekebalan mereka dan jaminan mereka untuk mengamankan hak pertahanan suci.

Kedua, peran nasional yang menjadikan Asosiasi Pengacara sebagai nurani bangsa, karena tertarik untuk mengimplementasikan Konstitusi, prinsip-prinsip demokrasi dan kebebasan publik yang dijamin oleh Konstitusi. Oleh karena itu, badan ini menuntut bahwa ia memiliki hak untuk mendekati Dewan Konstitusi untuk menantang hukum yang bertentangan dengan ketentuan Konstitusi. Asosiasi Pengacara juga diajak berkonsultasi ketika menjabarkan rancangan undang-undang baru dan amandemen undang-undang yang ada.

Para pengacara hadir dalam komite memperbarui undang-undang, dalam badan arbitrase, konferensi hukum Arab dan asing dan dalam asosiasi pengacara Arab dan internasional. Mereka memiliki kehadiran dan pengaruh yang luar biasa dalam konstitusi Lebanon.

Khalaf dan tiga aktivis lainnya pada tahun 1985 mendirikan LSM Lebanon Offrejoie (Joy of Giving) yang terkemuka, dengan misi yang dinyatakan “memobilisasi proyek-proyek sosial yang mempromosikan persatuan rakyat Lebanon.”

Pada tahun 1982, Khalaf dan tiga sukarelawan Palang Merah Lebanon membantu korban luka selama perang. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.