DENMARK BANTU 10 JUTA DOLAR AS UNTUK PENGUNGSI SURIAH

Menteri Luar Negeri Denmark, Kristian Jensen
Menteri Luar Negeri Denmark, Kristian Jensen

Kopenhagen, 25 Dzulqa’dah 1436/9 September 2015 (MINA) – Pemerintah Denmark menyumbangkan bantuan untuk senilai 10 juta dolar AS (sekitar Rp142 miliar) melalui badan bantuan PBB.

Menteri Luar Negeri Denmark Kristian Jensen mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs kementerian bahwa bantuan akan diberikan kepada pengungsi Suriah dalam bentuk bantuan makanan.

Middle East Monitor (MEMO) edisi Rabu (9/9) menyebutkan, Jensen juga meminta perhatian perlunya semua negara, terutama negara-negara Teluk yang kaya, bertanggung jawab terhadap tragedi yang terjadi di sekitar wilayah tetangga Teluk tersebut.

Sejak pecahnya krisis Suriah pada 2011, Denmark telah menyumbangkan 166 juta dolar AS (sekitar Rp2,3 triliun) untuk pengungsi Suriah.

Tetapi untuk urusan pengungsi ke negaranya, Denmark membatasi, seperti iklan di empat surat kabar Lebanon yang mengumumkan peraturan dan ketentuan untuk pencari suaka, dalam upaya mencegah pengungsi melakukan perjalanan ke Denmark.

Iklan dalam bahasa Inggris dan Arab itu menggariskan kebijakan negara anggota Uni Eropa tersebut terhadap pengungsi, termasuk mempeketat peraturan ijin tinggal sementara yang tidak memungkinkan pengungsi untuk membawa keluarganya ke negara itu.

Pemberitahuan itu mengatakan, warga negara asing hanya akan memenuhi syarat untuk tinggal permanen setelah lima tahun dan mereka yang mencari tempat tinggal permanen harus mampu berbicara bahasa Denmark.

Iklan tersebut juga memperingatkan, pencari suaka yang gagal akan cepat dikeluarkan dari Denmark. (T/P005/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0