Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Buka Kejuaraan International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022

(Doc. Kemenpora)

Jakarta, MINA – Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga , Chandra Bhakti resmi membuka Kejuaraan International Indonesia Open Championship 2022 di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (13/8).

Turnamen tersebut digelar oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) berlangsung sejak 13 hingga 17 Agustus 2022, diikuti para atlet dari enam negara, meliputi Indonesia, Malaysia, Thailand, Belanda, Mesir, dan Jepang.

Ajang ini juga sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pencak Silat tergolong cabang olahraga proyek prioritas dalam Desain Besar Olahraga Nasional sehingga mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Menurut rencana, kejuaraan akan berlangsung secara rutin tiap dua tahun. International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 juga akan menjadi ajang penjaringan atlet menuju pemusatan latihan nasional untuk SEA Games 2023 Kamboja.

Sebanyak 804 atlet pencak silat dari enam negara ini akan bersaing pada sejumlah kelas pertandingan untuk menjadi yang terbaik. Jumlah peserta bahkan melebihi perkiraan panitia.

Selain itu, Wakil Ketua Umum IPSI Muchamad Nabil Haroen atau akrab dipanggil Gus Nabil mengatakan, Pencak Silat masih menjadi cabang olahraga andalan Indonesia.

Pencak silat juga merupakan salah satu cabang unggulan yang disiapkan menuju ke olimpiade.

Pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-19 yang berlangsung di Malaysia pada 25–31 Juli 2022, tim pencak silat Indonesia sukses meraih juara umum. Ia berharap, kesuksesan tersebut tidak membuat atlet pencak silat Indonesia menjadi lengah.

“Mungkin kita cukup berbangga dan bersyukur pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat yang lalu kita menjadi juara umum. Tapi, ini tidak boleh membuat kita lengah. Karena, saya melihat negara-negara lain juga sudah mulai merangkak. Artinya, kalau kita tidak memasyarakatkan pencak silat maka jangan kaget kalau suatu saat kita akan disalip oleh negara lain,” ucap Gus Nabil.

International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 merupakan salah satu ajang untuk menjaring atlet-atlet pencak silat terbaik untuk dikirim pada Sea Games 2023 yang akan digelar di Kamboja. Kegiatan ini digelar untuk pertama kalinya oleh IPSI.

“Kita mohon dukungan dari seluruh insan pencak silat Indonesia supaya acara ini berlangsung secara rutin dan dapat menghasilkan atlet-atlet terbaik Indonesia. Karena gelaran Indonesia Open kali ini merupakan ajang untuk penjaringan atlet-atlet yang nanti akan kita kirim pada Sea Games yang akan datang,” jelas Gus Nabil. (R/R11/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.