Desain Asrama Indramayu Mirip Masjidil Haram Dilengkapi Museum Haji

(Foto: Kemenag)

Subang, MINA – Kementerian Agama (Kemenag) saat ini tengah membangun di Indramayu, Jawa Barat. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jabar Adib mengatakan kalau asrama dibuat dengan desain mirip Masjidil Haram.

“Asrama haji Indramayu, prototype-nya seperti Masjidil Haram. Kita bawa Makkah ke sini,” ujar Adib saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Persiapan Penyelenggaraan Haji Tahun 1442 H/2021 M di Subang, Sabtu (29/8), demikian keterangan pers Kemenag.

Asrama haji Indramayu saat ini sudah mulai dibangun. Peletakkan pertama pembangunanya dilakukan oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. “Targetnya, Desember 2020 pembangunan asrama haji sudah selesai sehingga musim haji 2021 sudah bisa digunakan,” jelas Adib.

Menurutnya, asrama haji juga akan dilengkapi dengan fasilitas perkantoran dan ruang pertemuan. Di lokasi itu juga rencananya akan dibangin Rumah Sakit Haji.

“Juga rencananya akan dibangun terbesar di Asia. Target tahun 2024 sudah selesai semua,” ujar Adib.

Provinsi Jawa Barat, kata Adib, adalah wilayah dengan pendaftar haji terbanyak di Indonesia. Jumlah penduduknya juga terbesar, lebih 50 juta dan 44 juta di antaranya adalah muslim. “Peminat mendaftar haji juga sangat tinggi, dan antrian rata-rata 18 tahun,” jelasnya.

Selain sarana fisik, Kanwil Kemenag Jabar juga meningkatkan program Akreditasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Menurut Kakanwil Jabar, KBIH perlu terus ditingkatkan performa dan kapasitasnya agar dapat lebih baik dalam melayani jamaah. (R/R1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments are closed.