Din Desak Umat Islam Berikan Dukungan untuk Palestina

Jakarta, MINA – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim ) mendesak umat Islam mendeklarasikan dukungan terhadap negara Palestina dan khususnya Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

“Presiden Abbas yang beberapa saat lagi akan berpidato di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),” kata Din dalam sambutan “Dai Jambore Nasional dan Milad ke-19 Parmusi” di Cibodas, Jawa Barat, Selasa (25/9).

Dia juga mengatakan sejak kemarin saat pertemuan di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, berbagai tokoh agama dan organisasi masyarakat di Indonesia mendeklarasikan dukungan terhadap negara Palestina.

Dia berharap agar Sidang Majelis Umum PBB kali ini memutuskan dan menetapkan keanggotaan penuh bagi negara Palestina.

“Dan sekaligus kita mengirim pesan ke New York khususnya kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk berhati-hati. Ini bisa dimanfaatkan (Trump) menggunakan Sidang Majelis Umum PBB memutuskan sepihak atas masalah Palestina,” ujar Din.

Palestina meminta Indonesia bersama negara anggota lainnya tidak mengikuti langkah AS yang mengakui Al-Quds atau Yerusalem sebagai Ibu kota Israel. Negara itu mengimbau agar RI menggagalkan “konspirasi” Amerika Serikat dan sekutunya pada Sidang Majelis Umum PBB di New York pekan ini.

Sementara itu Duta besar Palestina di Jakarta Zuhair Al-Shun mengatakan saat ini merupakan waktu yang tepat bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk mendukung Palestina meraih keadilan dan kemerdekaan.

“Kami mengimbau Indonesia mendengarkan pidato negara-negara di Sidang Majelis Umum PBB untuk menggagalkan kesepakatan (AS dan sekutunya yang menekan Palestina) dan mendukung solidaritas internasional bagi Palestina yang selama ini menjadi hal yang sangat penting (bagi kami),” kata Al-Shun.(L/R03/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.