Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Serukan Waspada Penyakit Difteri

Bandar Lampung, MINA – Dinas Kabupaten Lampung Selatan melalui UPT Puskesmas kecamatan Natar mengadakan sosialisasi terkait Bahaya difteri di Pondok Pesantren Al-Fatah, Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Rabu (17/1).

Dinas menghimbau seluruh masyarakat Natar untuk melakukan . Pasalnya penyakit ini hanya mampu dicegah melalui cara Imunisasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (KabidP2P), Risti Hendrawati menegaskan pentingnya sosialisasi ini.

“Tujuan program Imunisasi Nasional ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang pentingnya Imunisasi terlebih khusus tentang bahayanya penyakit Difteri,” katanya kepada MINA di sela acara.

Menurut Risti, penyakit ini menyerang siapa saja dan seluruh golongan usia, mulai dari balita sampai lansia.

“Faktanya tercatat lebih dari 80% warga daerah DKI Jakarta terkena penyakit berbahaya ini. Bagian daerah lainnya sepeti Banten, Jawa, Lampung, bahkan di Lampung sendiri pun ada sekitar 17 kasus Difteri,” ujarnya

Risti mengharapkan program Imunisasi Nasional ini dapat mencegah dan mengurangi resiko penularan penyakit Difteri.

“Harapannya ke depan orang-orang yang ketika berkunjung ke daerah yang sudah terjangkit Difteri, tidak akan terkena lagi karena sudah memilik sistem imun (anti Body),” katanya.

Difteri adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Gejalanya berupa sakit ditenggorokan saat menelan, demam, dan terbentuknya lapisan ditenggorokan berupa lendir berwarna hitam ke-abu-abuan. Dalam kasus yang parah, infeksi bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf.

Beberapa pasien juga mengalami infeksi kulit. Bakteri penyebab penyakit ini menghasilkan racun yang berbahaya jika menyebar ke bagian tubuh lain hingga mengalami kematian.

Tercatat data dari Kementerian Kesehatan menujukkan bahwa sampai dengan November 2017, ada 95 kabupaten dan kota dari 20 provinsi yang melaporkan kasus Difteri. Secara keseluruhan terdapat 622 kasus, 32 diantaranya meninggal dunia. (L/zm/cha/arf/B01/R01).

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.