Diplomasi Olahraga Kuatkan Hubungan Indonesia-Australia

Melbourne, MINA – Indonesia bersama Australia menggunakan olahraga Footy sebagai alat diplomasi untuk meningkatkan dan menguatkan persahabatan, hubungan dan kerja sama antardua negara.

Hal itu terlihat saat Konsul Jenderal RI (KJRI) di Melbourne, Spica A. Tutuhatunewa beserta staf KJRI, turut menyaksikan pertandingan final Krakatoas FC melawan Grosvenor Gremlins pada laga AFL (Australian Football League) Footy 7s (kompetisi sosial) di Fawkner Park, Melbourne, Selasa (12/2).

Footy merupakan salah satu cabang olahraga lapangan yang paling populer asal Australia. Olahraga ini merupakan kombinasi permainan sepak bola dan rugby yang dipadu dengan sentuhan hockey, basket, lacrosse dan voli.

Krakatoas FC adalah klub olahraga footy beranggotakan 23 warga Indonesia, termasuk beberapa di antaranya staf KJRI dan 11 warga Australia yang berada di bawah naungan AIYA (Australia-Indonesia Youth Association).

Nama Krakatoas sendiri diambil dari nama gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Sumatera.

Krakatoas FC merupakan wujud diplomasi olahraga, karena selain sebagai klub olahraga, ia juga memberi ruang untuk berkomunitas serta memberi dampak positif bagi hubungan antar komunitas Indonesia dan Australia.

menyambut baik program dan aktivitas dan memandang bahwa kegiatan tersebut memberikan kontribusi positif pada upaya pembangunan kerjasama yang berkelanjutan, termasuk peningkatan pemahanan dan peranan kal​angan pemuda Indonesia – Australia. (R/Sj/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.