DK PBB Akan Adakan Pertemuan Darurat Bahas Suriah

Stockholm, MINA – akan mengadakan pertemuan darurat pada Kamis (5/7) untuk membahas serangan pasukan Suriah terhadap kelompok oposisi yang telah memaksa sekitar 300.000 orang mengungsi.

Diplomat Swedia mengatakan pada Selasa (3/7), Swedia yang memegang kepresidenan Dewan Keamanan bergilir, meminta pertemuan tertutup bersama Kuwait, demikian Nahar Net melaporkan.

PBB memperkirakan bahwa antara 270.000 hingga 330.000 warga Suriah telah mengungsi sejak pengeboman berlangsung di provinsi barat daya pada 19 Juni.

Untuk pertemuan Kamis, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) akan melaporkan kepada 15 anggota Dewan tentang situasi kemanusiaan di Daraa, yang berbatasan dengan Yordania.

Misi PBB di Swedia mengatakan, peningkatan kekerasan “menunjukkan kegagalan lain oleh pihak-pihak konflik untuk melindungi warga sipil dan infrastruktur sipil.”

“Upaya-upaya harus ditingkatkan untuk mengurangi kerusuhan, juga untuk memungkinkan konvoi lintas batas PBB dari Yordania yang siaga di perbatasan untuk menyebar secepat mungkin,” tambahnya.

Sementara itu, pemerintah Yordania dan Israel mengatakan bahwa perbatasan mereka akan tetap tertutup meski puluhan ribu warga Suriah melarikan diri dari serangan pemerintah. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.