DMI: Umat Islam Indonesia 223 Juta Orang, 35% Bisa Baca Al-Quran

Jakarta, MINA – Wakil Ketua Umum Dewan Masjid (DMI) Syafruddin memberikan tausiah dalam kegiatan khataman Quran Juz 30 yang digelar oleh El Medina- Syeikh Ali Jaber Rahimahullah, Sabtu (22/1).

“Dalam riset yang dilakukan, didapat data, sebesar umat Islam Indonesia tidak bisa membaca Al-Quran, maka pentingnya, berjuang untuk mengentaskan buta huruf Al-Quran di Indonesia dan bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai tadjwid,” kata Komjen Pol (Purn) Syafruddin.

Ia menjelaskan, sementara umat Islam di Indonesia berjumlah sekitar 223 juta penduduk, 65 persennya umat Islam Indonesia tidak bisa membaca Al-Quran dan buta secara umum,” tegas Syafruddin yang hadir secara virtual.

“Hanya 35 persen saja, bangsa Indonesia beragama Islam yang bisa membaca Al-Quran,” ujar Syafruddin dalam kegiatan tersebut.

Atas dasar itulah, Syafruddin bersama sejumlah kelompok pemuda Islam mendirikan Yayasan Indonesia Damai Mengaji. Dalam yayasan itu, Syafruddin menjabat sebagai Ketua.

“Oleh sebab itu kami dan tim kelompok pemuda Islam mendirikan foundation yang namanya Yayasan Indonesia Damai Mengaji. Saya ketuanya sedangkan Ketua dewan pembinanya Imam besar Prof Nasaruddin,” jelas Syafruddin.

Syafruddin mengungkapkan, Yayasan Indonesia Damai Mengaji telah melakukan sejumlah hal guna mengentaskan buta huruf Al-Quran secara umum di Indonesia.

“Setidaknya ada dua yayasan yang aktif, pertama ialah mencetak Al-Quran sebanyak- banyaknya,” ungkap Syafruddin.

Syafruddin melanjutkan, untuk hal kedua yang dilakukan pihak yayasan ialah membuat masif rumah atau spot untuk membaca dan belajar Al-Quran.

“Bahkan saya tiga bulan lalu di Makassar meresmikan rumah mengaji di dalam gang sempit. Muridnya adalah 150 bekas preman dan semua bertato dan semua sudah hafal juz Al-Quran. Jadi itulah yang kita perjuangkan,” jelas Syafruddin. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.