DPR Apresiasi Bantuan Bencana Alam dari Negara Sahabat

Jakarta, MINA – Ketua Komisi I RI Abdul Kharis Almasyhari mengapresiasi simpati dan pemberian bantuan dana dari negara sahabat untuk bencana alam yang terjadi di Palu dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Dan terbukti sahabat Indonesia dari penjuru dunia datang mengulurkan tangan membantu saudara kita di Sulawesi Tengah, terima kasih yang tak terhingga kepada semua negara sahabat,” kata Kharis, Selasa (9/10), sebagaimana laporan Parlementaria.

Kharis mengaku sangat mendukung dan tidak mempermasalahkan pernyataan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang memastikan pasukannya akan melakukan pengawalan ketat terhadap kendaraan yang membawa logistik bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulteng.

“Jelas bantuan kemanusiaan dalam bencana di Palu itukan di bawah koordinasi BNPB dan TNI dalam tanggap bencana ada bersama-sama institusi lainnya, sehingga sudah pasti TNI harus terlibat dan membantu sekaligus mengawasi,” ujarnya.

Kharis juga meminta kepada TNI untuk tidak lengah dalam melakukan pengawasan dari negara sahabat yang membantu Indonesia.

“Meski bantuan kemanusiaan, kontrol juga harus dilakukan. Hal ini bertujuan selain menjaga sesuatu yang tidak diinginkan bagi kedaulatan negara, pengawasan juga untuk memastikan apa saja yang dibawa dan apa yang dilakukan agar tepat sasaran,” pungkas Kharis. (R/R05/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.