DPR HARAPKAN SEGERA BENTUK GRUP KERJASAMA BILATERAL INDONESIA-TURKI

(Foto:)
Ketua Setya Novanto (paling kiri) didampingi Wakil Ketua RI Fadli Zon (paling kanan) saat menerima Presiden Republik , Recep Tayyip Erdoğan (tengah), di Gedung Nusantara III, Senayan, Jumat (31/7).(Foto: Jaka Nugraha/parle/od)

Jakarta, 15 Syawwal 1436/31 Juli 2015 (MINA) – DPR mendukung sepenuhnya gagasan dan kesepakatan kedua pemerintah di bidang perdagangan dan investasi, pendidikan, pertahanan.

DPR berkeyakinan bahwa gagasan dan kesepakatan yang dicapai kedua pemerintah dapat memberikan kontribusi yang baik bagi kesejahteraan rakyat di kedua negara.

Ketua DPR RI Setya Novanto menyampaikan saat menerima Presiden Republik Turki, Recep Tayyip Erdoğan, di Gedung Nusantara III, Senayan, Jumat (31/7), kerjasama antar parlemen kedua negara juga menjadi bagian penting yang dibicarakan dan perlu dikembangkan oleh kedua negara.

Dalam kaitan ini, DPR mengharapkan dukungan Pemerintah Turki agar dapat dibentuk Grup Kerja Sama -Turki, demikian keterangan pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Bagi Indonesia, tambah Ketua DPR, Turki merupakan salah satu negara sahabat yang sangat penting bagi Indonesia. Turki telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada Indonesia ketika dilanda bencana Tsunami dan gempa bumi di Aceh dan Sumatera.

Kedua negara memiliki sejarah panjang hubungan yang bersahabat, mayoritas penduduk Muslim yang moderat dan damai, serta memiliki banyak simpul kerja sama dimana Indonesia dan Turki menjadi anggota, seperti OKI, D-8, G-20 dan MIKTA.

Hal tersebut merupakan refleksi dari kedekatan hubungan Indonesia-Turki. Dalam kesempatan itu, Novanto didampingi Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Pimpinan Komisi I Mahfudz Sddiq dan Tantowi Yahya serta Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf.

Terkait fungsi legislasi DPR, Ketua DPR menyampaikan pada Juni 2014 lalu, DPR telah menyetujui Rancangan Undang-Undang Tentang Pengesahan Persetujuan Kerjasama Industri Pertahanan Indonesia-Turki. Hal tersebut merupakan pencapaian penting dalam hubungan kerja sama kedua negara di bidang pertahanan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPR menyampaikan ucapan selamat atas pelaksanaan Pemilu Legislatif di Turki Juni lalu yang telah terlaksana secara demokratis dan damai. Ketua DPR juga turut bersimpati dan belasungkawa yang mendalam atas terjadinya serangan bom baru-baru ini di Kota Suruc, Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tiba di Jakarta hari Kamis malam (30/07) dalam rangka kunjungan kenegaraan. Erdogan akan berada di Indonesia hingga Sabtu (1/8).

Kunjungan Erdogan itu merupakan kunjungannya yang keempat ke Indonesia, dan yang pertama dalam kapasitas sebagai Presiden Turki. Kunjungan sebelumnya dilakukan dalam kapasitas sebagai Perdana Menteri Turki.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Presiden Turki antara lain juga  menyampaikan public lecture di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).(T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0