DPR: Pendidikan Nonformal Miliki Peran Penting


Garut, MINA – “ memiliki peran yang penting dalam pembangunan  manusia Indonesia,” demikian anggota Komisi X DewanPerwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Ferdiansyah mengatakan, Senin (10/12) di Garut.

 “Pendidikan nonformal adalah pendidikan alternatif yang saling melengkapi dengan pendidikan formal.  Perannya juga penting, bukan hanya pengganti pendidikan formal. Peran pendidikan nonformal dalam mendukung program wajib belajar sangat terasa,” kata Ferdiansyah dalam  Diskusi Kelompok Terpumpun Pendidikan Kesetaraan Solusi Dalam Memenuhi Standar Pelayanan Minimal, di Garut.

Dikutip dari rilis , ia mengemukakan, ditinjau dari beberapa aspek, pendidikan nonformal memiliki sejumlah kelebihan seperti waktunya yang lebih fleksibel, bahan ajar yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan warga belajar, usia warga belajar tidak dibatasi, dan peserta yang heterogen.

“Kelebihan-kelebihan ini harus ditonjolkan dan dijualoleh pengelola pendidikan nonformasi seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat(PKBM) dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP),” ujar Ferdiansyah.

Ferdiansyah juga mendorong PKBM untuk melengkapi fasilitas dan administrasinya agar terakreditasi.

“Akreditasi Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Nonformal ini penting. Akreditasi ini juga bermanfaat dalam penyaluran bantuan pemerintah dan upaya peningkatan mutu,” pungkasnya.(R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)