DPR RI dan Parlemen Ethiopia akan Bentuk Friendship Group

Addis Ababa, MINA – Dalam rangka menyukseskan diplomasi Indonesia dan memperkuat kerja sama bilateral Indonesia-Ethiopia, DPR RI dan parlemen Ethiopia akan segera membentuk Friendship Group.

Melalui kerangka tersebut, parlemen kedua negara akan mengadakan pertemuan berkala, tukar pandang, dan mendorong setiap upaya bersama memajukan bangsa dan kesejahteraan rakyat kedua negara serta berkontribusi dalam pembangunan internasional.

Hal itu dikatakan oleh Surahman Hidayat, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR-RI, usai bertemu dengan Ketua Parlemen Ethiopia Tagesse Chafo di kantor parlemen Ethiopia, Addis Ababa, Selasa (17/9).

Surahman didampingi oleh Zairina, anggota BKSAP dan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika.

“Kunjungan kami di Ethiopia merupakan bagian penting dari penyelenggaraan diplomasi Indonesia, sebagai second track diplomacy, khususnya melalui kerja sama antar parlemen dan mendorong terciptanya people to people contact yang lebih luas dan kuat antara rakyat Indonesia dengan rakyat Ethiopia,” kata Surahman.

Lebih lanjut Surahman mengatakan Ethiopia merupakan negara penting bagi Indonesia baik dilihat dari sisi sejarah berkembangnya Islam dan posisi strategis Ethiopia bagi diplomasi Indonesia di Afrika khususnya di bidang ekonomi.

Selain dengan pimpinan parlemen, Surahman dan delegasi juga mengadakan pertemuan dengan antara lain pimpinan The Ethiopian Islamic Affairs Supreme Council (EIASC) dan Ulema Unity Forum (UUF), serta mengunjungi dua perusahaan Indonesia di Ethiopia yaitu PT Indofood Ethiopia dan Peace Success Industry Plc sister company PT Sinar Antjol.

Delegasi dijadwalkan bertolak ke negara bagian Tigray, Rabu, untuk mengikuti serangkaian agenda penting termasuk pertemuan dengan pimpinan Tigray Islamic Affairs Supreme Council.

Menindaklanjuti pertemuan BKSAP DPR-RI dengan parlemen Ethiopia tersebut, KBRI Addis Ababa akan segera mengadakan pertemuan dengan tim parlemen Ethiopia guna membahas Friendship Group yang telah disepakati.

“Segera setelah pertemuan, kami berbicara secara khusus dengan Tagesse Chafo, ketua parlemen Ethiopia dan kelompok kerjanya untuk mengadakan working lunch di KBRI Addis Ababa dalam beberapa hari kedepan,” kata Duta Besar Al Busyra Basnur.

Ia mengatakan kunjungan delegasi DPR RI ke Ethiopia mendapat sambutan hangat dan penuh harapan tindak lanjut dari semua pihak yang ditemui.

“Apalagi ini merupakan kunjungan bersejarah bagi kedua bangsa karena merupakan kunjungan bilateral pertama parlemen Indonesia ke Ethiopia,” pungkas Al Busyra. (L/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.