Dua Juta Jamaah Haji Bersiap Wuquf di Arafah Ahad

Makkah, 8 Dzulhijjah 1437/10 September 2016 (MINA) – Sekitar dua juta jama’ah haji dari seluruh dunia, hari ini Sabtu (10/9) berkumpul di tanah suci Makkah Al-Mukarramah untuk bersiap melaksanakan inti ibadah haji, yakni wuquf di yang akan dilaksanakan besok Ahad, 9 Dzulhijjah (11/9).

Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj Islamic News Agency) dari sumber media setempat Saudi Gazette melaporkan, jutaan jamaah haji hari ini melaksanakan thawaf mengelilingi Baitullah Ka’bah.

Anshar Adam, salah seorang jamaah haji asal Pesantren Al-Fatah Cileungsi Bogor mengabarkan kepada MINA, ia bersama 20 orang rombongannya hari ini bersiap berjalan kaki menuju kawasan Mina, untuk menginap (mabit) di sana. Sebelum besok Ahad melanjutkan perjalanan menuju padang Arafah untuk melaksanakan wuquf.

Kemudian dilanjutkan dengan mengambil batu di Muzdalifah, untuk melempar jumrah (Ula, Wustha dan Aqabah) di kawasan Mina pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.

Mina yang dikenal dengan kawasan tenda, tempat menginapnya jamaah haji, adalah sebuah lembah di padang pasir, terletak sekitar 5 kilometer sebelah timur kota Makkah Al-Mukarramah.

Di Mina, Panitia Haji Saudi telah menyiapkan 25 rumah sakit dan pusat kesehatan, dan didukung sekitar 26.000 petugas kesehatan, yang terdiri dari para dokter, perawat, teknisi dan administrator untuk memperluas layanan medis kepada jamaah haji.

Unit Pertahanan Sipil, aparat keamanan, dan Otoritas Bulan Sabit Merah juga ditempatkan di Mina untuk melayani para tamu Allah. (T/P4/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)