DUA NEGARA ASEAN BELUM AKUI PALESTINA

Wakil Tetap Indonesia untuk PBB, Desra Percaya (Foto:Nidiya/MINA)
Wakil Tetap Indonesia untuk PBB, (Foto:Nidiya/MINA)

Jakarta, 7 Rabi’ul Awwal 1437/18 Desember 2015 (MINA) – Dari 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Association of Southeast Asian Nations – ), hanya dua negara yang belum mengakui kemerdekaan .

“Sangat disayangkan ada dua yang belum akui negara Palestina, yaitu Myanmar dan Singapura,” ujar Wakil Tetap Indonesia untuk PBB Desra Percaya, dalam seminar ‘Recent Development on Palestine and How the UN and International Community Should Respond’, di Kementrian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (18/12).

Desra mengatakan, Indonesia sendiri sedang merekomendasikan dan melobi kedua negara untuk akui negara Palestina.

“Indonesia berkontribusi untuk mendorong perdamaian antara Palestina-. Tetapi harus adanya reformasi Dewan Keamanan, karena struktur Amerika Serikat yang punya hak veto, itu menjadikan apapun usulan mengenai Palestina yang merugikan Israel pasti akan di veto,” ujarnya.

Desra menjelaskan, peran civil society pun perlu dilibatkan dalam membantu penyelesaian konflik di Palestina.”Di Indonesia sendiri diharapkan civil society-nya aktif di PBB,” tambahnya.

Saat ini Palestina sudah diakui 137 negara, namun dari ASEAN ada dua negara yang belum mengakui Palestina.(L/P008/M02-P2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.