Dua Remaja Muslim India Yang Ditembak, Tak Dapatkan Keadilan

New Delhi, MINA – Dua remaja Muslim India, Mohammed Sameer (17) dan Mohammed Saif (18), dua korban yang ditembak dalam kerusuhan mematikan tahun 2020 di ibu kota India, hingga kini tidak mendapatkan keadilan.

Mereka saat itu berusia 15 dan 16 tahun, dua dari ratusan korban kekerasan anti-Muslim terburuk di Delhi dalam lebih dari 30 tahun.

Pengacara menuduh tekanan polisi berusaha menghentikan kasus tersebut. Al Jazeera melaporkan, Rabu (2/3).

Dua tahun hingga kini, Sameer lumpuh dari pinggang ke bawah. Sementara Saif berjuang untuk berdiri setelah beberapa kali operasi.

Sameer, seorang anak laki-laki periang yang mempersiapkan ujian kelas sembilan, saat itu sedang dalam perjalanan pulang setelah menghadiri jama’ah di sebuah masjid di Kasab Pura, sekitar 14 km dari rumahnya.

Saat ia mencapai bundaran yang paling dekat dengan rumahnya, ia melihat sekelompok pria berteriak berkerumun di jalan-jalan.

Khawatir, dia terus berjalan, melewati toko-toko yang tutup dengan gugup saat nyanyian “Jai Shri Ram” (Kemuliaan bagi Dewa Rama) – sapaan Hindu yang dianggap sebagai seruan perang oleh massa supremasi Hindu – terdengar di jalan-jalan.

Kemudian, tiba-tiba, terjadi berondongan tembakan senjata. Sebuah peluru mengenai punggungnya.

“Saya jatuh terbaring di tengah jalan, sampai beberapa tetangga berlari untuk menolong saya. Mereka membawa saya pulang, dan menutup pintu di belakang mereka,” kata anak kedua dari enam bersaudara itu, menunjuk bekas peluru yang berjarak satu jari dari tulang punggungnya.

Peluru itu, hampir seketika, menyebabkan kelumpuhan seluruh tubuh bagian bawahnya.

Episode Mematikan

Kurang dari 24 jam kemudian, pada tanggal 25 Februari, putra seorang pemilik bengkel kecil mengalami nasib serupa yang berjarak 4 km di daerah Kardampuri.

Dalam perubahan yang jarang terjadi dari rutinitasnya, Saif menemani ayahnya ke toko hari itu karena sekolahnya tutup untuk persiapan ujian.

Dia tidak mengetahuinya, tetapi hari itu akan membawa episode paling mematikan dalam kerusuhan mematikan, mencatat jumlah kematian resmi 53 orang.

Penduduk yang panik di timur laut Delhi membuat lebih dari 7.500 panggilan darurat ketika kerumunan perampok berkeliaran di jalanan, membakar rumah dan bisnis.

Saat kembali ke rumah sekitar tengah hari, ia melihat jalan menuju rumahnya dipenuhi oleh polisi bersenjata, personel paramiliter, barikade, dan kerumunan umat Hindu dan Muslim di sisi yang berlawanan.

Remaja 16 tahun itu tersesat di antara kerumunan di sisi barikadenya. Mereka berkumpul untuk mencegah massa Hindu bersenjata besar menyerbu ke lingkungan mereka.

“Itu tegang, tapi tidak kekerasan. Namun tiba-tiba, rasanya seperti hujan peluru. Orang-orang di sisi lain barikade memanjat di atas jalur metro dan teras di atas tanah dan mulai menembaki kerumunan di sisi ini,” kenang Saif.

Dia pun terduduk, kaki terlipat, di atas tikar besar di terasnya, menghadap ke jalur metro di daerah Shahdara, tempat keluarganya pindah setelah kerusuhan.

Saif hidup dengan peluru di dekat tulang pahanya selama lebih dari dua bulan. Terkurung di tempat tidurnya selama lebih dari sembilan bulan, anak kedua dari dua bersaudara ini sekarang sudah bisa berjalan.

“Dia telah jatuh dari tangga beberapa kali. Kami terus menyuruhnya untuk tidak turun berkali-kali, tapi saya tahu dia hanya ingin merasa normal kembali,” kata ibunya, Hoor Bano.

Mereka tinggal di rumah satu kamar di lantai dua.

Kekerasan mematikan Di tengah kekacauan pada hari anak laki-laki itu ditembak, anggota keluarga dan tetangga melakukan pertolongan pertama, menggunakan kain apa pun yang ada untuk menghentikan pendarahan.

Saat itu massa dengan tongkat dan senjata menghentikan ambulans yang datang ke lingkungan itu.

Setelah pencarian kendaraan yang lain, mereka berdua dilarikan ke salah satu fasilitas medis pemerintah terdekat. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)