Dubes RI di Kairo Serahkan Zakat Untuk 885 Mustahiq

Dubes RI untuk Kairo, Helmy Fauzy, memberikan secara simbolik kepada penerima Zakat,  Infak &  Sadaqah di Kantor Konsuler KBRI Kairo, Nasr City, Mesir, Rabu (13/6) Kairo /Doc: KBRI Kairo

Kairo, MINA – Kedutaan Besar RI Kairo kembali mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infak, sadaqah dan fidyah secara kolektif dari WNI yang tinggal di Mesir.

Untuk tahun 2018 ini, jumlah mustahiq atau penerima zakat mencapai 885 orang, sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Mesir.

Dubes Indonesia untuk Kairo, Helmy Fauzy dalam sambutan pada acara penyerahan zakat di Kantor Konsuler KBRI Kairo, Nasr City, Mesir, Rabu (13/6) sore waktu setempat,  menjelaskan jumlah penerima zakat mengalami kenaikan signifikan.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah mustahiq naik 35,5 persen dari tahun 2017 yang berjumlah 653 orang.

Sementara itu, urai Dubes Helmy, dana zakat yang terkumpul mencapai EGP 124.988 (hampir setara dengan Rp. 97.745.000). Dana ini dikumpulkan dari 1.875 muzakki (pemberi zakat). Dibandingkan dengan tahun 2017, nominal zakat yang dikumpulkan ini turun 13,5 persen dari tahun 2017 yang mencapai EGP 143.759..

Dubes Helmy mengakui adanya perpindahan sejumlah staf KBRI Kairo ke negara lain ikut berkontribusi dalam penurunan zakat yang terkumpul. Selain itu, sejumlah keluarga WNI menyalurkan zakat ke tanah air.

“Tetapi ini semua tidak mengurangi esensi dari zakat. Dengan memberi zakat artinya kita ikut membudayakan semangat gotong royong dan berbagi, antara pembayar dan para penerima zakat,” ujar

Lebih lanjut, ia mengakui banyak mahasiswa Indonesia di Mesir tidak mendapatkan bantuan dana pendidikan dari tanah air karena itu, KBRI Kairo menghimpun dana beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang berasal dari infaq dan shadaqah WNI di Mesir.

“Tentu saja perhatian lebih dari penyedia beasiswa di tanah air sangat diperlukan untuk membantu meringankan problem mahasiswa kita di sini,” urai Dubes Helmy usai kegiatan.

Ia  berharap, semangat berbagi antar sesama ini dapat terus dipertahankan, tidak hanya di bulan Ramadhan.

“Tentunya, semoga zakat yang telah dikeluarkan dapat menyempurnakan ibadah puasa dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dan kepada para mustahiq, semoga zakat yang diterima ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pungkas dia. Demikian keterangan dari KBRI Cairo. (L/K02/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)