Dubes RI-Menperindag Sudan Bahas Peningkatkan Kerjasama Perdagangan

Khartoum, MINA – Dubes RI Untuk dan Eritrea, Rossalis Rusman Adenan, Rabu (20/11), mengadakan pertemuan dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Sudan, Madani Abbas Madani.

Pertemuan tersebut dalam rangka meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara, khususnya di bidang perdagangan dan industri.

Kedua belah pihak berkomitmen untuk secara bersama meningkatkan kerjasama perdagangan, termasuk volume perdagangan kedua negara, di mana pada 2018 tercatat US$ 331 juta, masih di bawah potensi yang sebenarnya.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Rossalis menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan dalam menjembatani para pelaku bisnis Sudan dan Indonesia memanfaatkan berbagai peluang kerjasama bidang perdagangan dan industri antar kedua negara.

Upaya itu termasuk rencana pembentukan Sudanese-Indonesian Business Forum (SIBF) sebagai wadah komunikasi para pelaku bisnis kedua negara. Dalam hal ini, Dubes RI mengharapkan dukungan dari Menperindag Sudan.

Menperindag Sudan menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan KBRI Khartoum dalam upaya bersama meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara, baik di bidang perdagangan maupun perindustrian, termasuk pembentukan SIBF.

Mereka juga membahas kesiapan Kemenperindag Sudan untuk bekerjasama dalam meningkatkan volume perdagangan bilateral kedua negara, termasuk upaya bersama menghindari dan mengatasi hambatan perdagangan, khususnya komoditas pertanian. (L/K02/R01-P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.