Dubes Turki Untuk Eropa: Islamofobia adalah Kejahatan

Ankara, MINA – Duta Besar Turki yang baru ditunjuk untuk Organisasi Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE), Mehmet Pacaci pada Jumat (11/1) mengatakan, masyarakat Barat harus diberi tahu bahwa Islamophobia adalah kejahatan.

“Penting untuk memberi tahu publik Barat dengan segala cara yang diperlukan bahwa Islamophobia adalah kejahatan,” ujar Mehmet Pacaci kepada Anadolu Agency.

Ia juga mengatakan, selama masa jabatannya, mereka akan melakukan penelitian lapangan pada subyek Islamofobia dan intoleransi terhadap Muslim, nantinya laporan penelitian akan dibawa ke agenda OSCE.

Pacaci mengungkapkan, hal itu dilakukan dengan memperhatikan bahwa ada peningkatan insiden Islamofobia selama beberapa tahun terakhir.

“Turki selalu mengikuti insiden ini dengan cermat. Kepresidenan Turki, Kementerian Luar Negeri dan lembaga-lembaga terkait lainnya sangat mementingkan masalah ini,” tambahnya.

“Islamophobia dikategorikan sebagai kejahatan rasial. Ini adalah fakta yang jelas bahwa anti-Islamisme belum dianggap sepenting anti-Semitisme,” kata Pacaci, dengan menambahkan bahwa negara-negara Eropa harus menunjukkan upaya serius dalam menangani hal itu. (T/Ast/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)