Duta Al-Quds Ali Farkhan: Al-Aqsa Milik Umat Islam

Bandung, MINA – Duta Ali Farkhan Tsani menegaskan Masjid Al-Aqsa adalah milik umat Islam berdasarkan tinjauan Al-Quran dan Al-Hadits.

“Di dalam Al-Quran Surat Al-Isra ayat pertama sudah sangat jelas bagaimana Allah menyebutkan nama Masjidil Aqsa beriringan dengan Masjidil Haram,” ujar Ali Farkhan, pada Training For Trainer (TFT) Pendalaman Al-Quds dan Palestina di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/12).

Duta Al-Quds alumni Mu’assasah Al-Quds Ad-Dauliyah Yaman itu menambahkan, beberapa hadits Nabi juga menyebutkan keutamaan berkunjung dan shalat di Masjidil Aqsa, dan itu menunjukkan Al-Aqsa sebagai tempat ibadah yang utama bagi umat Islam.

“Sebagai generasi muda Muslim, harus menghayati hal ini sebagai landasan perjuangan pembebasan Al-Aqsa. Jadi perjuangan kita untuk membebaskan Al-Aqsa dari belenggu penjajahan zionis adalah karena memang dalam rangka mengamalkan Al-Quran dan Al-Hadits,” lanjut Redaktur Senior Kantor Berita MINA tersebut.

Dari sisi sejarah, ia juga menyampaikan bagaimana para Nabi semua terkait dengan Masjidil Aqsa sebagai kiblat pertama umat Islam. Termasuk kepemimpinan umat Islam masa Khalifah Rasyidin, Bani Umayah, Bani Abasiyah hingga Turki Utsmani, semuanya sangat memperhatikan Al-Aqsa.

Adapun untuk mengetahui perkembangan terkini bagaimana kondisi dan situasi di Masjidil Aqsa dan Palestina secara keseluruhan, ia mereferensikan agar peserta training secara berkala membaca berita dan tulisan tentang Palestina di laman media online minanews.net.

“Perkembangan Al-Aqsa dan Palestina sangatlah kompleks dan terus bergerak, sehingga kita harus terus memantaunya. Apalagi para peserta yang nanti akan menjadi duta-duta muda Al-Quds, yang akan mensoialisasikan Al-Aqsa kepada umat,” lanjutnya.

Training For Trainer (TFT) Pendalaman Al-Quds dan Palestina Wilayah Jawa Barat diselenggaraan oleh Lembaga Kepalestinaan Aqsa Working Group Jawa Barat, yang diisi oleh para pemateri dari Alumni Yaman dan Depok.

Ikatan Alumni Daurah Al-Quds Yaman dan Depok telah ditetapkan oleh Imaam Yakhsyallah Mansur sebagai Pembina Utama Pusat, pada 21 November 2021, dengan menetapkan Munif Nasir sebagai Ketua dan Ali Farkhan Tsani sebagai Sekretaris.

Program utama yang dicanangkan Ikatan Alumni Daurah Al-Quds adalah mengadakan Training for Trainer (TFT) dan Sosialisasi di wilayah-wilayah. TFT pertama diadakan di Bandung, 25-26 Desember 2021. Hadir sebagai pemateri para Duta Al-Quds: Munif Nasir, Tomy Jatnika, Munawar Zayyin, Ade Taqiyudin, dan Yasir Hidayat. (L/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.