Duta Besar RI Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Raja Yordania

 

Aman, 9 Ramadhan 1438/ 4 Juni 2017 (MINA) – Duta Besar RI untuk Kerajaan Yordania Hasyimiah dan Negara Palestina, Andy Rachmianto, pada 4 Juni 2017, pukul 13.00 waktu setempat telah menyerahkan (Letter of Credence) kepada Raja Yordania, Y.M. Abdullah II bin Al-Hussein, bertempat di Istana Basman.

Prosesi upacara kenegaraan di Istana Basman dimulai mendengarkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan dilanjutkan dengan pemeriksaan barisan penghormatan (guard of honour) pasukan  pengawal kerajaan. Demikian siaran pers , yang diterima MINA, Ahad (4/6).

Upacara diakhiri dengan peletakan karangan bunga di Royal Cemetery sebagai penghormatan dan doa kepada para pendiri Kerajaan Yordania, yaitu Raja Hussein bin Talal, Raja Abdullah I, dan Raja Talal bin Abdullah.

Pada saat menyerahkan Surat Kepercayaan di Ceremonial Hall, Raja Abdullah II didampingi oleh Kepala Istana Fayez Tarawneh dan Menteri Luar Negeri Ayman Safadi.

Raja Yordania menyambut dengan hangat dan menerima Surat Kepercayaan dari Dubes RI kemudian berbincang sejenak.

Duta Besar RI menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia serta menegaskan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan dan mempererat hubungan bilateral di segala bidang antara RI-Yordania.

Sebagai balasan dua kali kunjungan Raja Abdullah II ke Indonesia, Duta Besar RI akan mengupayakan kunjungan Presiden RI ke Yordania.

Raja Abdullah II mengatakan pentingnya kedua negara untuk saling mendukung dan memperkuat kerjasama dan persahabatan. Secara khusus Raja Abdullah II mengemukakan keinginan untuk menindaklanjuti hasil Aqaba Dialogue awal Mei yang lalu.

Di samping itu, sebagai dua negara berpenduduk mayoritas Islam yang menjalankan ajaran Islam yang moderat, Raja Yordania sangat mengharapkan kunjungan balasan Presiden RI ke Yordania sebagai bentuk penguatan hubungan kedua negara.

Dengan diserahkannya Surat Kepercayaan kepada Raja Yordania, maka sejak tanggal 4 Juni 2017, Dubes RI Amman secara resmi dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Yordania.

Setelah penyerahan Surat Kepercayaan kepada Raja Yordania, Duta Besar RI Amman akan dijadwalkan untuk menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dalam waktu dekat. (L-K02/R07-P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)