Ekonomi Syariah Berkembang Pesat di Australia

Sydney, 7 Dzulhijjah 1437/9 September 2016 (MINA) – Kepala cabang Islamic Finance and Investment (MCCA) di Sydney, Hadi Shehata mengatakan tekadnya mengembangkan ekonomi syariah mendapat sambutan sangat bagus dari masyarakat Sydney dan juga pemerintah setempat.

Komunitas Muslim Australia saat ini tengah giat mengembangkan ekonomi syariah kepada masyarakat Australia melalui program pembiayaan syariah dan investasi. “Masyarak sangat antusias menyambut kehadiran lembaga keuangan syariah sebagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan finansialnya,” kata Shehata kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu, di kantornya.

“Secara prinsipnya, masyarakat Australia menginginkan lembaga keuangan yang berasaskan keadilan, kejujuran, dan saling menguntungkan, baik itu Muslim dan non Muslim dan itu bisa ditemukan dalam prinsip keuangan syariah,” papar pria asal Mesir itu.

MCCA yang berpusat di Melbourne saat ini telah membuka kantor cabangnya di kawasan Lakemba, sebuah kota di barat daya Sydney, Negara Bagian New South Wales, terletak 15 kilometer dari pusat Sydney. Lembaga itu sebenarnya telah mulai dirintis pada 1989 sebagai sebuah koperasi.

Lembaga keuangan yang memiliki cabang di beberapa negara bagian juga memiliki visi menjadi sebuah lembaga keuangan yang mampu memenuhi kebutuhan finansial komunitas Muslim Australia dengan menawarkan produk keuangan Islam.

Sampai saat ini, MCCA telah memfasilitasi lebih dari $ 1 miliar berbagai pembiayaan seperti pembelian rumah, peralatan rumah tanggal, elektronik, dan berbagai kebutuhan masyarakat Muslim khususnya. (L/R03/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)