Emir Qatar Akan Hadiri KTT di Kuwait

Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani (Foto: Anadolu Agency)

Doha, MINA – Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani akan menghadiri pertemuan puncak (GCC) di Kuwait, Selasa (5/11) di tengah perselisihan diplomatik dengan negara tetangganya di Teluk.

Berbicara di Pusat Penelitian dan Kebijakan Arab yang berpusat di Doha, Ahad (3/11), Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohamed bin Abdulrahman Al-Thani mengatakan pihaknya akan menghadiri pertemuan para menteri luar negeri GCC menjelang KTT selama dua hari.

“Kami siap untuk penyelesaian sebagai bagian dari dialog yang didasarkan pada saling menghormati kedaulatan,” katanya. Demikian Anadolu Agency memberitakan yang dikutip MINA.

Pada Juni, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain secara tiba-tiba memutuskan hubungan diplomatik dan komersial dengan Qatar, menuduhnya mendukung kelompok teroris di wilayah tersebut.

Keempat negara tersebut juga mengancam Qatar dengan sanksi tambahan jika pemerintah Doha gagal memenuhi daftar permintaan yang panjang, termasuk salah satunya adalah menutup media berita Qatar, Al Jazeera.

Doha membantah keras tuduhan tersebut dan telah berulang kali meminta sebuah “dialog tanpa syarat yang didasarkan pada saling menghormati kedaulatan.

Kuwait telah memimpin upaya mediasi untuk menyelesaikan krisis tersebut, mengirimkan sejumlah utusan tingkat tinggi untuk menyampaikan pesan Qatar dan negara-negara blokade. (T/R03/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.